Tokoh Masyarakat Kuansing Keluhkan Tak Ada Taman Makam Pahlawan

Tokoh Masyarakat Kuansing Keluhkan Tak Ada Taman Makam Pahlawan

12 November 2019
Datuk Bisai (Orang Godang Kenegerian Teluk Kuantan), Ediyanus Herman Halim

Datuk Bisai (Orang Godang Kenegerian Teluk Kuantan), Ediyanus Herman Halim

RIAU1.COM - Sampai saat ini, Taman Makam Pahlawan (TMP) belum ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), sehingga setiap kali digelar renungan suci atau kunjungan ke TMP dirasakan sangat sulit.

Karena tidak ada makam pahlawan, selama ini hanya selalu mengunjungi kuburan H Oemar Oesman (salah satu pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia), yang berada di Desa Koto Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah.

Datuk Bisai (Orang Godang Kenegerian Teluk Kuantan) Ediyanus Herman Halim, berharap Pemkab Kuansing dapat membangun Taman Makam Pahlawan.

"Kenapa Kuansing belum juga memiliki Taman Makam Pahlawan, padahal usianya sudah mencapai 20 tahun, seperti Kota Pekanbaru," ujar Ediyanus, Selasa 12 November 2019.

"Selama ini, setiap melakukan renungan suci maupun ziarah ke TMP di Kuansing selalu mengunjungi  kuburan H Umar Oesman, dan kenapa pemerintah tidak membangun TMP," sambungnya.

Ediyanus menuturkan, kemungkinan Pemkab Kuansing tidak membutuhkan hal seperti itu, dan mereka lebih asyik bertelaga politik. "Mereka tidak ingin membangun simbol-simbol perjuangan," sebutnya.

"Pemkab Kuansing juga sepertinya tidak ini membangkitkan semangat juang pada generasi muda nampaknya. Itu sangat disayang kan, padahal banyak pahlawan dan pejuang dari wilayah kita (Kuansing)," pungkasnya.