Selasa, 25 Juni 2019

KUANTAN-SINGINGI

Miliki Dua Destinasi Wisata Unggulan, Kuantan Mudik Usulkan Peningkatan Jalan di Musrenbang

news24xx


Bupati Mursini bersama Camat Kuantan Mudik  menuju tempat pelaksanaan Musrenbang/phi Bupati Mursini bersama Camat Kuantan Mudik menuju tempat pelaksanaan Musrenbang/phi

RIAU1.COM - TELUK KUANTAN - Saat ini Kecamatan Kuantan Mudik memiliki dua destinasi wisata unggulan  yakni Air Terjun Pati Soni di Desa Seberang Cengar, dan Air Terjun Dangku di Desa Pantai, namun akses jalan menuju lokasi wisata tersebut masih terbatas. Karena itu Kecamatan Kuantan Mudik mengusulkan peningkatan akses jalan di Musrenbang.

Usulan ini disampaikan Camat Kuantan Mudik Drs. Jevrian Apriadi, M.Si, kepada Bupati Kuansing Drs. H. Mursini, M.Si pada Musrenbang Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau tahun 2020, di Aula Kantor Camat Kuantan Mudik, Senin (25/02).

Sejalan dengan usulan tersebut, sangat diperlukan pemantapan infrastruktur menuju destinasi wisata, yakni pengaspalan ruas jalan menuju akses ke Objek Wisata Air Terjun Pati Soni (1 Km) yang berada di desa Seberang Cengar.



BACA JUGA : Ingin Tahu Cara Proses APBD-P 2019, Anggota Dewan Kota Solok Sambangi DPRD Kuansing

"Objek Wisata Air Terjun Pati Soni ini, selain dekat, juga menjadi salah satu destinasi wisata yang sering dikunjungi komunitas goes dan kawula muda Kuansing di akhir pekan," ujar Jevrian.

Dengan pemantapan akses menuju destinasi wisata ini, banyak masyarakat yang terbantu dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat setempat, sasaran utama berkembangnya ekonomi kreatif dan kuliner di tempat wisata, dan pemungutan parkir.

"Dengan demikian, kalau akses jalan ke objek wisata kami ini bagus, maka pengunjung akan lebih banyak," ujarnya.

Selain usulan di kedua objek wisata tersebut, juga mengusulkan pengaspalan jalan di Desa Air Buluh (2 Km), pengaspalan jalan lingkar Desa Banjar Padang - Kasang (3 Km), pembangunan gorong-gorong di Desa Seberang Pantai (1 Km).

Selain itu, katanya, pembangunan Pasar Lubuk Jambi, supaya dipindahkan ke area Puskesmas yang terletak di Desa Banjar Padang. Dengan demikian, jalan lintas Teluk Kuantan-Sumbar tidak lagi macet akibat pasar yang berada dipinggir jalan.

"Kemudian, pasar Lubuk Jambi yang akan direlokasi tersebut akan dijadikan terminal terpadu. Puskesmas lama ini akan dijadikan taman hijau, tempat bermain anak-anak. Diharapkan kesemua usulan ini dapat menunjang peningkatan PAD," tambahnya.

Selain itu, kantor Kepala Desa Pebaun Hilir yang belum ada, diharapkan ada pembangunan kantor tersebut di sini. Serta perlunya pembangunan turap dan renovasi SMP Negeri 3 Kuantan Mudik. Selanjutnya renovasi kantor camat dan pembangunan gedung serbaguna untuk dibangun pada 2020 mendatang.

Terhadap usulan Camat, Bupati H. Mursini mengatakan Pemkab sangat mendukung apa yang menjadi prioritas dari usulan rencana pembangunan Kecamatan Kuantan Mudik tahun 2020. Akan tetapi, mengingat anggaran yang ada sangat terbatas, Bupati meminta pihak kecamatan harus mengetahui program, dan kegiatan yang mesti didahulukan dan yang mesti ditangguhkan.



BACA JUGA : Juli, Pasar Modern Ditargetkan Ditempati, Dinas PUPR Perbaiki Jalan Masuk

"Alhamdulillah, tahun 2018 seluruh kewajiban sudah dilunasi. Ke depan, dengan kondisi kita yang ada, mari bersama-sama kita melaksanakan pembangunan dengan secara bertahap, mantapkan infrastruktur menuju destinasi wisata dan sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Pada prinsipnya, kami sangat mendukung program prioritas kecamatan guna menggenjot PAD di Kabupaten Kuansing," imbuhnya.***


R1/phi