Kamis, 25 April 2019

KUANTAN-SINGINGI

Ternyata Ini Penyebab Kuansing Gagal Raih Adipura

news24xx


Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Rustam Mahmud/zar/elpi Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Rustam Mahmud/zar/elpi

RIAU1.COM -  TELUK KUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, pada tahun 2018 lalu gagal memperoleh Piala Adipura yang pada tahun 2017 berhasil diraih Kuansing.

Piala Adipura ini merupakan sebagai lambang Kebersihan Kota, yang mampu menunjukkan suatu kota dinilai bersih, asri, indah dan sejuk. Namun dengan kegagalan Kuansing meraih Adipura pada tahun 2018, apakah Kuansing dinilai tidak bersih.

Hal ini tentu saja, kebersihan di ibukota Kuansing, Teluk Kuantan, sangat jauh merosot jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kenapa hal ini bisa terjadi dan apa penyebabnya.



BACA JUGA : Hadiri Melayur Jalur di Lubuk Terentang, Ini Harapan Bupati Menghadapi Porprov 2021

Menurut Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. Rustam Mahmud, menyebutkan tidak berhasilnya Kuansing meraih Piala Adipura, disebabkan adanya penambahan dalam kriteria penilaian Adipura tersebut.

Antara lain di setiap lingkungan dalam kota, harus ada komunitas masyarakat penggiat lingkungan." Bersama Komunitas Masyarakat Penggiat Lingkungan, mewujudkan Kuansing sebagai kota bersih," ujarnya.

Disamping itu, juga harus ada Bank Sampah Induk di Wilayah Perkotaan. " Kita mempunyai beberapa bank sampah, hanya saja Bank Sampah Induk perlu dibenahi," sebutnya.



BACA JUGA : Miliki Dua Destinasi Wisata Unggulan, Kuantan Mudik Usulkan Peningkatan Jalan di Musrenbang

Padahal dari hasil penilaian sebelumnya, katanya, Nilai Kuansing itu hampir sama dengan tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, pihaknya sangat optimis pada tahun 2019 ini, akan membenahi segala kekurangan kekurangan tersebut."Keterlibatan semua pihak sangat diharapkan untuk membenahi kekurangan tersebut, termasuk pembenahan pasar dan penyiapan sarana dan prasarana lainnya," pungkasnya.***