Minggu, 16 Desember 2018

KUANTAN-SINGINGI

Sungai Kuantan Kembali Meluap, Ribuan Rumah Warga Terancam Terendam Lagi

news24xx


Sungai Kuantan meluap lagi akibat tingginya curah hujan/zar/elpi Sungai Kuantan meluap lagi akibat tingginya curah hujan/zar/elpi

RIAU1.COM - TELUK KUANTAN - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Kuantan Singingi dan Sumatera Barat sepanjang, Kamis (6/12) malam menyebabkan air Sungai Kuantan Sungai meluap lagi. Melihat kondisi saat ini, ribuan rumah warga bakal terendam lagi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, air Sungai Batang Kuantan sudah melewati dam penahan tebing, dan bahkan telah memasuki halaman Arena Perahu Baghanduang dekat Jembatan Lubuk Jambi Desa Banjar Padang Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi Riau.

Sedangkan beberapa desa yang terendam banjir diperkirakan mencapai ratusan rumah, yang berada di dataran rendah seperti Desa Aur Duri, Banjar Padang, Luai, Lubuk Ramo, Pantai, Sangau dan beberapa desa lainnya.

"Naiknya Air Sungai Batang Kuantan diperkirakan lebih dari lima meter, dan lebih meningkat dibandingkan dari hari Sabtu (1/12) kemarin," ungkap Salah seorang warga Lubuk Jambi, Iyal (40).

Jika air hujan terus mengguyur di Wilayah Hulu Sungai dan Sumbar, dikhawatirkan akan terjadi banjir."Melihat curah hujan masih cukup tinggi, dan ditambah dengan limpahan air dari Sumbar, tentu akan menambah debit air," ujarnya.

Dirinya minta kepada warga yang berada di wilayah bagian hilir Sungai Batang Kuantan, untuk tetap waspada. Beberapa waktu lalu juga terjadi banjir di Kuansing, yang merendam ribuan rumah serta areal lahan persawahan serta kolam petani Kuansing.

"Belum sirna banjir kemarin, dikhawatirkan sekarang akan terjadi banjir susulan, inilah yang sangat kita khawatir kan," ujarnya.

Namun ketika dihubungi Plt. Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Nafisman, M.Si belum ada jawaban sampai berita ini dikirim.***