Ponton Pelabuhan Pulau Benan Kepri Rusak Parah, Dishub Diminta Segera Perbaiki

Ponton Pelabuhan Pulau Benan Kepri Rusak Parah, Dishub Diminta Segera Perbaiki

20 Mei 2022
Pelabuhan ponton Pulau Benan/Batamnews

Pelabuhan ponton Pulau Benan/Batamnews

RIAU1.COM - Saat ini kondisi ponton di Pelabuhan Pulau Benan, Kecamatan Katang Bidare, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), semakin memprihatinkan. Keadaan ponton itu rusak akibat korosi parah.

Camat Katang Bidare, Ardiyansyah S.Sos, M.IP seperti dimuat Batamnews mengatakan, pelabuhan ponton tersebut perlu perhatian serius dari instansi terkait. Ia khawatir kondisi demikian akan berdampak sehingga menimbulkan korban.

Ardiyan mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lingga, terkait kondisi itu. Dishub katanya telah melakukan perbaikan, namun tidak mampu secara keseluruhan.

Kami juga sudah berkoordinasi dengan Dishub Lingga, dan informasi yang di dapat bahwa ponton ini ada dianggarkan oleh Pemprov Kepri. Hanya saja belum tahu kapan pekerjannya dilakukan," kata Ardiyan, Jumat (20/5/2022).

"Saya selaku Camat bersama kepala desa (Kades) Benan, Yadi serta masyarakat Pulau Benan khususnya sangat berharap Dishub Kepri segera memperbaiki pelabuhan ponton ini. Ini menjadi harapan besar kami," sambungnya.

Loading...

Ardiyan menyebut, Benan merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Lingga. Bahkan, Pulau Benan adalah gerbang masuknya wisata di Negeri Bunda Tanah Melayu, yang kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sehingga, menurut pria yang pernah menempuh pendidikan Magister Ilmu Pemerintahan di Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru ini, jika kondisi pelabuhan yang seperti sekarang ini, tentu saja akan mengganggu kunjungan wisatawan.

"Benan ini merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Lingga. Maka ini perlu jadi perhatian serius. Informasi yang saya terima, pada bulan Oktober nanti juga akan ada kapal yatch masuk Benan. Saya sangat berharap Dishub Kepri dapat dengan segera melakukan perbaikan," harap dia.*