Kepala Tersenggol Kabel Listrik saat Cari Ikan, Warga Kuok Tenggelam di Sungai

Kepala Tersenggol Kabel Listrik saat Cari Ikan, Warga Kuok Tenggelam di Sungai

11 Desember 2018
Proses pencarian korban dilakukan tim gabungan.

Proses pencarian korban dilakukan tim gabungan.

RIAU1.COM -Pria bernama Mukhlis (50) tenggelam di Sungai Kampar, Desa Pulau Terap Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar - Riau pada Selasa 11 Desember 2018 siang. Saat itu, korban sedang mencari ikan di sungai.

Kejadian ini sekitar pukul 11.30 WIB. Sehari-hari, Mukhlis beprofesi sebagai nelayan dan berdomisili di Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Sebelum tenggelam, korban awalnya kesetrum listrik.

Kepolisian menyebutkan, diketahui jika korban saat itu sedang mencari ikan di Sungai Kampar menggunakan sampan. Mukhlis berdiri di atas sampan sambil menurunkan bentangan jaring pukatnya kedalam sungai secara perlahan mengikuti arus sungai.

Tiba-tiba kepala korban tersenggol kabel listrik tegangan tinggi yang membentang melintasi Sungai Kampar ini. Akibatnya, tubuh korban terpental dan terjatuh ke dalam sungai, lalu tenggelam dan terbawa arus yang sangat deras karena tingginya debit air Sungai Kampar saat ini.

Untuk diketahui dalam keadaan normal kabel listrik ini biasanya tidak mengganggu nelayan yang beraktifitas di sekitar lokasi, namun saat ini permukaan air sungai naik cukup tinggi sehingga bentangan kabel listrik ini dapat mengenai orang yang berdiri diatas sampan saat lewat dibawah kabel ini.

Kapolsek Bangkinang Barat Iptu Ikwan Widarmono yang mendapat laporan pun turun bersama anggotanya untuk melakukan pencarian bersama Basarnas dan BPBD Kampar, namun jasad korban belum ditemukan.

Terkait kejadian itu, Kapolsek mengimbau masyarakat agar sementara waktu tidak beraktifitas di Sungai Kampar yang sedang mengalami pasang naik, guna menghindari kejadian serupa terulang.

Tingginya permukaan air Sungai Kampar saat ini juga disebabkan pembukaan pintu pembuangan air dari waduk PLTA Koto Panjang, sebagai dampak tingginya curah hujan di daerah hulu Sungai Kampar.