Kamis, 13 Desember 2018

KAMPAR

2 Kecamatan di Kampar Kebanjiran Akibat Buruknya Drainase, Air Meluap Hingga ke Jalan

news24xx


Foto ilustrasi banjir Foto ilustrasi banjir

RIAU1.COM -Hujan yang mengguyur Kabupaten Kampar, Riau menyebabkan sejumlah kawasan tergenang banjir, Rabu (28/11/2018) siang. Ketinggian air bervariasi, dengan maksimal satu meter. Banyak rumah hingga toko ikut terendam.

Menurut BPBD Kampar, ada dua kecamatan yang terdampak banjir, diantaranya Salo dan Bangkinang Kota. Sebagian warga juga ada yang mengungsi ke rumah tetangga akibat luapan air dadakan tersebut.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kampar, Adi Chandra menuturkan, genangan air terjadi akibat buruknya drainase. Akibatnya air tak lancar hingga meluap ke jalan hingga pemukiman masyarakat.



BACA JUGA : Tinggi Muka Air Waduk PLTA Koto Kampar Terus Menurun

"Di Bangkinang air tertinggi mencapai satu meter. Siang ini sudah mulai surut. Diawali hujan, drainase tak jalan akibatnya meluap. Ada warga juga yang mengungsi ke rumah tetangga," tuturnya.

Setakat ini, BPBD Kampar masih mendata berapa jumlah kepala keluarga yang terdampak, berkoordinasi dengan Lurah setempat. "Yang jelas menurut data kami secara umum, Bangkinang Kota dan Salo yang terdampak," urai dia.

BPBD dalam hal ini sifatnya melakukan evakuasi dan tanggap bencana. Adi Chandra memastikan, sampai siang ini kondisi air sudah mulao surutz hingga ketinggian semata kaki.



BACA JUGA : TNI- Polri Kompak Bantu Banjir di Daerah Kampar

Informasi yang dirangkum, banjir menyebar disejumlah kawasan di Kota Bangkinang. Diperkirakan ratusan rumah dan toko milik warga terendam, terpantau beberapa sekolah dan rumah ibadah juga ikut terdampak.

Selain itu, genangan air juga meluap ke jalan-jalan utama, seperti Jalan Datuk Tabano, Jalan Jendral Sudirman di Pasar atas, Jalan Ali Rasyid, Jalan Pramuka, Jalan Lintas di Desa Salo Timur dan Jalan Agus Salim.