Kamis, 24 Januari 2019

INTERNASIONAL

Peringati Tahun Baru, NASA Luncurkan New Horizons

news24xx


Peringati Tahun Baru, NASA Luncurkan New Horizons Peringati Tahun Baru, NASA Luncurkan New Horizons

RIAU1.COM - Memperingati tahun baru 2019, Badan Antariksa Amerika (NASA) meluncurkan pesawat luar angkasa nirawak, New Horizons. Pesawat yang diluncurkan persis sesaat setelah pergantian tahun 2018 jadi 2019 itu bakal menjelajah titik di luar angkasa yang diberi nama Ultima Thule.

Mengutip CNNIndonesia.com, New Horizons akan memberikan gambaran dan perspektif soal Ultima Thule dari jarak dekat untuk pertama kalinya. Jarak obyek angkasa kuno itu disebutkan NASA berada sekitar 1 miliar mil dari luar orbit Pluto.



BACA JUGA : Bikin Heboh, Seorang Ibu Viral di Medsos Lantaran Melahirkan Berdiri Dijalanan




Nantinya, sepanjang sejarah, Ultima Thule adalah obyek terjauh di luar angkasa yang pernah dijelajahi alat milik manusia.

Meskipun memberikan gambaran jarak dekat, New Horizon tidak bisa menyiarkan kondisi obyek terjauhnya secara langsung Ultime Thule secara langsung. Sebab setidaknya membutuhkan waktu sekitar enam jam untuk mengirim ataupun menerima sinyal dari New Horizons ini.



BACA JUGA : Gagal Gulingkan Presiden Nicolas Maduro, 27 Anggota Garda Nasional Venezuela Ditangkap



Sinyal pertama dari New Horizons baru diterima bumi baru sekitar 10 jam setelah peluncuran atau pukul 09.45 Waktu Amerika. Pada saat itu juga NASA baru mengetahui apakah New Horizons sampai di 2.200 mil (3.540,5 km) di atas permukaan Ultima Thule.

Bukan hanya New Horizons yang menciptakan rekor di momen pergantian tahun 2018 ke 2019. Pesawat luar angkasa milik NASA lainnya, OSIRIS-REx juga menciptakan rekor baru pada 31 Desember 2018 lalu dengan memasuki orbit asteroid Bennu. Itu adalah obyek kosmos terkecil yang pernah dikelilingi pesawat luar angkasa. Diameternya sekitar 500 meter.