Sejarah Hari Ini: Lahirnya Boeing Company

Sejarah Hari Ini: Lahirnya Boeing Company

15 Juli 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Tepat hari ini pebisnis dan penebang kayu William Edward Boeing bersama rekannya George Conrad Westervelt tahun 1916 mendirikan perusahaan pabrik pesawat terbang Pacific Aero Products, cikal bakal penamaan Boeing Company.

Pesawat pertama garapan mereka bernama Amfibi B&W dilanjutkan dengan memproduksi B&W Seaplane untuk keperluan militer.

Barulah setelah AS menyatakan perang pada Jerman dan kemudian memasuki Perang Dunia I  mereka mengganti nama Pacific Aero Products menjadi Boeng Company hingga saat ini dinukil dari republika.co.id, Rabu, 15 Juli 2020.

Memilih bermarkas di Chicago, Illinois, dengan fasilitas produksi terbesarnya di Everett, Washington, dekat Seattle, Washington yang juga merupakan kontraktor pertahanan, pesawat Boeng pertama.

Pesawat pertama diberi nama Boeing B-1 dilanjutkan dengan Boeing model 8 pada 1920 dengan fungsi dan tujuan non komersil.

Seiring berjalannya waktu dua divisi utama dari Boeing lahir. Yaitu Boeing Integrated Defense Systems (IDS), bertanggung jawab untuk produk militer dan angkasa, dan Boeing Commercial Airplanes (BCA), bertanggung jawab untuk pesawat sipil.