Sejarah Hari Ini: Jasa Adolf Hitler 'Ternakkan' VW Kodok Ke Seluruh Dunia

Sejarah Hari Ini: Jasa Adolf Hitler 'Ternakkan' VW Kodok Ke Seluruh Dunia

28 Mei 2020
Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

Ilustrasi (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Bukan untuk kendaraan rakyat, Volkswagen diciptakan pertama untuk angkutan perang. Melahirkan type pertamanya Bettle atau di Indonesia bernama VW Kodok diproduksi oleh pabrik yang berlokasi di kota Wolfsburg, Jerman.

Lahirnya kendaraan angkut perang ini diprakarsai oleh Adolf Hitler, pemimpin Nazi Jerman yang menginginkan kendaraan berkualitas, andal dan terjangkau dinukil dari tirto.id, Kamis, 28 Mei 2020.

Pabriknya didirikan hari ini pada 28 Mei 1937. Sayang, perang membuat produksi mobil ini harus tertunda. Barulah setelah usai, rekayasa inovatif yang dilakukan Porsche terhadap blueprintnya membuat kendaraa ini rampung.

Dengan dibantu Erwin Komenda, desainer yang juga berasal dari Austria, Volkswagen Beetle akhirnya lahir dengan gaya lebih ramah dan menarik.

Loading...

Setelah itu, Volkswagen menjadi mobil rakyat dan sekaligus menjadi mobil paling ikonik di seluruh dunia. 

Sayang, mereka menghentikan penjualan Beetle di akhir 1970-an lantaran perubahan selera pasar. Tetapi tetap melanjutkan produksi untuk Meksiko dan Amerika Latin.

Mereka benar-benar mengakhiri produksi Bettle setelah penjualannya merosot tajam, Rabu, 10 Juli 2019 di pabrik VW Puebla, Meksiko.