Indonesia Diminta Waspada, Virus Corona Sudah Sampai di Malaysia dan Singapura

Indonesia Diminta Waspada, Virus Corona Sudah Sampai di Malaysia dan Singapura

26 Januari 2020
Kota Wuhan, China tampak sepi terisolasi karena Virus Corona.

Kota Wuhan, China tampak sepi terisolasi karena Virus Corona.

RIAU1.COM - Indonesia diminta berhati hati  serta waspada. 

 Pasalnya,  Virus Corona yang berasal dari Wuhan, China sudah sampai ke Malaysia dan Singapura, negeri jiran. 

Sehingga sudah sampai di  12 negara di dunia.

 

Ilmuwan menyebut penyebaran virus corona sangat cepat.

Setiap satu orang yang terjangkit virus corona berpotensi menyebarkannya ke dua atau tiga orang lainnya.

Langkah-langkah pengendalian harus menghentikan penularan pada setidaknya 60% kasus.

"Tidak jelas pada saat ini apakah wabah ini dapat ditahan di China," kata Neil Ferguson, spesialis penyakit menular di Imperial College London yang ikut memimpin salah satu studi seperti dikutip dari reuters.

Lebih dari 2.000 orang telah terinfeksi virus corona baru, sebagian besar di China tempat 56 orang meninggal hingga Minggu, (26/01/2020), seperti dilansir CNN Indonesia. 

Loading...

Akibatnya, Amerika Serikat mengatakan akan mengevakuasi warganya dari pusat kota itu. 


Presiden Xi Jinping mengatakan dalam pertemuan polit biro pada hari Sabtu bahwa Cina menghadapi "situasi yang sulit", ketika otoritas kesehatan di seluruh dunia berjuang untuk mencegah pandemi. Virus, yang diyakini berasal akhir tahun lalu di pasar makanan laut di pusat Kota Wuhan di Cina yang menjual satwa liar secara ilegal.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan virus corona yang baru sebagai "keadaan darurat di Cina", tetapi belum menyatakannya sebagai keprihatinan internasional.

"Jangan salah, ini darurat di China. Tetapi itu belum menjadi darurat kesehatan global. Ini mungkin belum menjadi satu," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesu, melalui panggilan konferensi, seperti dilansir dari CNBC International, Jumat (24/1/2020).

Virus Corona menyebar dengan cepat dan kini 12 negara telah mengkonfirmasi terjangkit Virus Corona. 

Berikut 12 Negara yang telah mengkonfirmasi terjangkit Virus Corona seperti dilansir CNBC Indonesia dari berbagai sumber:

China

Mengingat China merupakan negara awal virus ini berasal, tentu kasus corona paling banyak menjangkiti warga negara Tirai Bambu itu. Bahkan, kota Wuhan tempat asal virus ini diisolasi untuk menahan penyebaran corona.

Jepang

Pada 16 Januari, Kementerian Kesehatan Jepang mengkonfirmasi kasus pertamanya. Di mana seorang warga terjangkit virus corona setelah pulang dari Wuhan.

Beberapa hari setelahnya, Jepang pun mengkonfirmasi kasus kedua. Dari kantor berita Kyodo, pasien adalah seorang pria China yang hendak melakukan perjalanan ke Jepang.

Singapura

Pada Kamis kemarin, Singapura mengkonfirmasi seorang turis China terjangkit corona di Singapura. Ia tiba bersama keluarganya pada Senin lalu dan sudah diamankan petugas di negeri Singa itu.

Korea Selatan

Korea Selatan melaporkan kasus corona pertama 20 Januari. Seorang perempuan terjangkit corona setelah kembali dari Wuhan.

Taiwan

Taiwan mengkonfirmasi adanya kasus corona pada 22 Januari. Di mana seorang wanita asli Taiwan dikabarkan telah tertular penyakit ini sesaat setelah kembali dari liburan di Wuhan.

Thailand

Thailand mendeteksi dua kasus terkait virus corona. Keduanya melibatkan warga China yang melancong ke negeri Gajah Putih itu.

Pada 8 Januari seorang turis China didiagnosis menderita pneumonia. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, ia terjangkit virus corona.

Kasus kedua ditemukan 13 Januari. Kala itu, seorang wanita China berusia 74 tahun, mengalami gejala penyakit seperti yang ditularkan virus corona di bandara Thailand Suvarnabhumi

Amerika Serikat

Pada 21 Januari lalu, AS mengumumkan kasus pertamanya. Di mana seorang pria berusia 30 tahun, yang berdomisili di Seattle diduga menderita penyakit akibat virus corona.

Pemerintah AS pun segera mengamankan penderita. Jumat (24/1/2020), AS mengumumkan lagi kasus kedua virus ini.

Vietnam

Negara ini sudah mengkonfirmasi dua kasus. Seorang pria China yang tinggal di Ho Chi Minh terinfeksi dari ayahnya yang melakukan perjalanan ke Vietnam 13 Januari lalu, dari kota Wuhan.

Perancis
Pada 24 Januari lalu, Perancis konfirmasi ada tiga orang positif terjangkut Virus Corona. Dua dirawat di rumah sakit di Paris dan satu lainnya di Bordeaux. Ketiga orang memmiliki hubungan kerabat.

Nepal

Negara ini melaporkan adanya warganya terkena virus Corona pada 24 Januari lalu. Korban seorang pelajar berusia 30-an yang pulang ke rumah untuk liburan tahun baru Imlek dari sekolahnya di Wuhan, China.

Kanada

Pada 25 Januari 2020, Toronto Public Health telah menerima pemberitahuan tentang dugaan kasus pertama virus Corona pada seorang pendudukan yang baru saja kembali dari Wuhan, Provinsi Hubei, China Tengah.

 

Warga Kanada terduga terkena virus Corona ini tiba di Toronto pada 22 Januari dan dirawat di Rumah Sakit pada hari berikutnya setelah mengalami gejala penyakit pernafasan.

Malaysia

Virus corona telah menyebar sampai ke Malaysia. Pada Sabtu (25/1/2020) waktu setempat, Malaysia telah mengkonfirmasi tiga kasus infeksi virus corona, jadi negara yang pertama yang terjangkit di Asia Tenggara. 

R1 Hee.