Fakta Menarik Tentang Doraemon Yang Jarang Diketahui Siapapun

Fakta Menarik Tentang Doraemon Yang Jarang Diketahui Siapapun

25 Januari 2020
Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

Ilustrasi [Foto: Istimewa/internet]

RIAU1.COM - Doraemon tokoh utama dalam animasi kartun asal Jepang ditakdirkan hidup untuk membantu Nobita yang rundung dilanda masalah.

Namun tahukah bahwa animasi yang lahir pada 3 September 2112 ini diciptakan dari dua suku kata, yaitu dora dan emon dinukil dari bobo.grid.id, Sabtu, 25 Januari 2020.

Di mana dalam bahasa Jepang, dora artinya kucing jalanan dan emon adalah kata ganti untuk menyebut hewan jantan. Jadi, Doraemon ini adalah kucing jantan liar.

Selain itu awal pembuatannya, Doraemon sendiri tidak berwarna biru tapi berwarna kuning. Karena suatu kali tikus menggigit telinganya, Doraemon pun merasa tertekan.

Setelah kejadian itu, Doraemon meminum ramuan kesedihan yang diambil dari kantong ajaib miliknya. Saat dia menangis, warna kuningnya menjadi luntur termasuk merubah suaranya menjadi serak.

Fakta menarik lainnya adalah komikus Fujiko Fujio (tanpa F di tengannya) merupakan nama pena yang digunakan oleh dua orang komikus Jepang.

Loading...

Nama sebenarnya dari kedua komikus itu adalah Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko. Pada awalnya mereka bekerja sama sejak 1951, dan mulai menggunakan nama Fujiko Fujio sejak 1954.

Namun, tahun 1987 mereka berhenti bekerja sama dan memutuskan berkarya sendiri-sendiri. Untuk itu, mereka membuat nama pena masing-masing, yaitu menggunakan nama Fujiko F. Fujio untuk Fujimoto dan Fujiko A. Fujio untuk Abimoto.

Fujiko F. Fujio lalu melanjutkan karya Doraemon, hingga akhirnya menjadi karakter kartun yang populer hingga saat ini.