Identitas Pemimpin Baru Isis Terbuka, Ini Rincian Datanya....

Identitas Pemimpin Baru Isis Terbuka, Ini Rincian Datanya....

21 Januari 2020
Identitas Pemimpin Baru Isis Terbuka, Ini Rincian Datanya....

Identitas Pemimpin Baru Isis Terbuka, Ini Rincian Datanya....

RIAU1.COM -  Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi dinobatkan sebagai Pemimpin baru ISIS. Identitasnya terungkap oleh pejabat dari dua badan intelijen, yang berhasil mengungkap nama aslinya setelah ISIS menggunakan sejumlah alias untuknya, lapor The Guardian.

Al-Salbi mengambil alih pimpinan sebelumnya Abu Bakar al-Baghdadi, 48 jam setelah ia meledakkan dirinya karena terpojok dalam serangan militer Amerika pada Oktober tahun lalu.

Dia diyakini memiliki pandangan yang sangat mirip dengan al-Baghdadi dan mengambil alih operasinya pada Juli setelah pemimpinnya berjuang dengan kesehatannya setelah serangan udara.

Pemimpin baru itu diyakini berada di antara anggota pendiri ISIS dan juga memimpin kampanye untuk memperbudak wanita Yazidi, salah satu minoritas agama tertua dan paling teraniaya di Irak. Banyak wanita yang diperkosa, dibunuh atau dijual sebagai budak seks, dengan al-Salbi memberikan keputusan agama yang menjamin genosida.

Dia memiliki gelar dalam hukum syariah dari Universitas Mosul. Al-Salbi dilaporkan bertanggung jawab atas operasi Isis di seluruh dunia dan juga mantan perwira di pasukan diktator Irak Saddam Hussein.

Dijuluki 'profesor' al-Salbi dikatakan dekat dengan pemimpin sebelumnya al-Baghdadi ketika mereka berdua dipenjara di Basra oleh pasukan AS karena hubungan mereka dengan al-Qaeda pada tahun 2003.

Isis telah kehilangan sebagian besar wilayahnya setelah AS melakukan operasi terhadap kelompok dan sekutunya.

Kepala Al-Salbi, pria kelahiran Irak ini dihargai senilai USD 5 juta oleh departemen luar negeri AS sebelum penunjukannya sebagai pemimpin kelompok teror.

Meskipun keberadaannya tetap tidak diketahui, para pejabat intelijen percaya dia bersembunyi di provinsi Idlib di barat laut Suriah, seperti pendahulunya.

 

 

 

 

R1/DEVI