Ini Alasan Marmer Masjidil Haram Tetap Sejuk Walau Suhu Ekstrem Mencekam

Ini Alasan Marmer Masjidil Haram Tetap Sejuk Walau Suhu Ekstrem Mencekam

18 November 2019
Marmer Thassos di Masjidil Haram (Foto: Istimewa/internet)

Marmer Thassos di Masjidil Haram (Foto: Istimewa/internet)

RIAU1.COM - Salah satu lembaga yang merawat Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah, Reasahalharamain menjelaskan apa alasan marmer di Masjidil Haram tetap sejuk walau saat itu suhu mencapai lebih dari 50 derajat celcius.


Mereka menjelaskan alasan ini melalui video diunggah di laman Instagram resmi mereka di Mekkah, Ahad 25 Agustus 2019 dan tempo.co yang kami kutip, Senin, 18 November 2019.

Alasannya terletak pada marmer dengan kualtisa terbaik di dunia. Mereka menggunakan marmer berjenis Thassos. Thassos sendiri merupakan sebuah pulau di Yunani yang memiliki luasan 380 kilometer persegi saja.

Selama berabad-abad, marmer putih dari Pulau Thassos ini digunakan oleh orang-orang Romawi untuk memberikan kesejukan dan meredam hawa panas yang ada di lantai.

Loading...

Khusus untuk lantai Masjidil Haram, batuan marmer Thassos ini didatangkan dalam bentuk bongkahan batu yang kemudian diolah dan dibentuk di Arab Saudi. Kemudian diaplikasikan pada lantai Masjidil Haram.

Karena kualitasnya yang mempuni, membuat harga marmer ini tergolong begitu mahal. Diperkirakan mencapai US 200 dolar permeter persegi.