Unjuk Rasa Berujung Bentrok di Hong Kong, 29 Orang Demonstran Ditangkap

Unjuk Rasa Berujung Bentrok di Hong Kong, 29 Orang Demonstran Ditangkap

25 Agustus 2019
Aksi unjuk rasa di Kwun Tong, Hong Kong, Sabtu.

Aksi unjuk rasa di Kwun Tong, Hong Kong, Sabtu.

RIAU1.COM - Aksi ribuan pengunjuk rasa berujung bentrok di Hong Kong. 

Kepolisian Hong Kong, Minggu (25/8/2019), menyatakan telah menangkap 29 orang pascabentrokan  Sabtu malam.

Polisi menggunakan gas air mata untuk membubarkan massa antipemerintah ketika pusat bisnis Asia tersebut menghadapi aksi protes lanjutan.

 

Para aktivis pada Sabtu melemparkan bom molotov dan batu bata ke daerah industri Kwun Tong, daerah padat penduduk di wilayah yang terletak di timur semenanjung Kowloon. Empat stasiun  kereta bawah tanah MRT ditutup akibat aksi tersebut.

Seperti dilansir bisnis.com, Minggu, Polisi menggunakan gas air mata setelah sejumlah pengunjuk rasa melemparkan bom molotov dan batu bata. Sementara pengunjuk rasa lainnya merusak tiang lampu "pintar" yang dilengkapi kamera CCTV serta memblokir jalan dengan tumpukan bambu.

Ini penggunaan gas air mata pertama dalam lebih dari sepekan setelah serentetan aksi protes di bekas jajahan Inggris tersebut.

Loading...

Transportasi menuju bandara internasional kota tersebut tampak normal pada Minggu pagi, kendati pengunjuk rasa merencanakan "uji tekan" transportasi seharian di pusat penerbangan itu.

Aksi protes lainnya direncanakan pada Minggu di distrik Tsuen Wan, saat massa juga merencanakan aksi mogok dan boikot kelas di sejumlah universitas dalam beberapa pekan ke depan.

 

Polisi menyatakan dalam satu pernyataan pada Minggu bahwa pihaknya mengecam keras pengunjuk rasa "yang mengganggu ketenangan publik" pada Sabtu dan bahwa 19 pria beserta 10 perempuan diamankan. Mereka yang ditahan termasuk penyelenggara aksi protes Sabtu, Ventus Lau, demikian laporan RTHK.

R1/Hee