Bandara Hong Kong Diduduki Demonstran, Seluruh Maskapai Penerbangan Tunda Keberangkatan

Bandara Hong Kong Diduduki Demonstran, Seluruh Maskapai Penerbangan Tunda Keberangkatan

12 Agustus 2019
Para pengunjuk rasa anti-pemerintah memenuhi bagian bandara pada hari Senin (12/8/2019). Foto: South China Morning Post.

Para pengunjuk rasa anti-pemerintah memenuhi bagian bandara pada hari Senin (12/8/2019). Foto: South China Morning Post.

RIAU1.COM -Seluruh penerbangan keluar Hong Kong dibatalkan setelah demonstran menduduki bandara di Pulau Lantau.

Dilansir dari Tempo.co, Senin (12/8/2019), kepala bandara memerintahkan seluruh maskapai penerbangan menunda keberangkatan. Hal ini dilakukan setelah ribuan demonstran anti-pemerintah menduduki bandara Hong Kong. Demikian menurut laporan South China Morning Post, 12 Agustus 2019.

Penerbangan masuk yang sudah mengudara akan diizinkan mendarat. Tetapi, penerbangan yang belum berangkat akan ditunda.

Demonstrasi menandai hari keempat berturut-turut protes di pusat Pulau Lantau. Salah satu bandara internasional tersibuk di dunia, ketika kemarahan anti-pemerintah terus berlanjut.

Pada Minggu (11/8/2019), bentrokan antara demonstran dan polisi meningkat. Dua kubu saling berkejaran di seluruh distrik termasuk Tsim Sha Tsui, Sham Shui Po, Kwai Chung dan Causeway Bay.

Malam itu berakhir dengan adegan yang belum pernah terjadi sebelumnya di dalam stasiun MTR. Petugas melepaskan gas air mata di dalam stasiun Kwai Fong dan menyerbu demonstran di dalam stasiun Tai Koo.

Loading...

Di antara 40 orang yang dilarikan ke rumah sakit akibat bentrokan adalah seorang perempuan. Ia dilaporkan terkena tembakan peluru karet di Tsim Sha Tsui. Seorang dokter mengatakan dia bisa kehilangan mata kanannya.

Pada Senin siang, Otoritas Bandara meningkatkan keamanan di Bandara Internasional Hong Kong. Akses ke ruang keberangkatan Terminal 1 terbatas untuk penumpang dengan dokumen perjalanan dan tiket pesawat yang berlaku selama 24 jam berikutnya.

Hong Kong telah dilanda demonstrasi yang memasuki minggu kesepuluh. Aksi unjuk rasa dan pawai, pengepungan kantor polisi dan pawai telah melumpuhkan transportasi umum.

Sampai jam 3 sore, ribuan demonstran bergabung dengan massa melakukan aksi duduk di aula kedatangan Bandara Internasional Hong Kong.