Ini Dia 3 Mesjid Terapung Yang Tersohor, Yuk Kenalan

Ini Dia 3 Mesjid Terapung Yang Tersohor, Yuk Kenalan

10 Juni 2019
Ilustrasi Mesjid terapung (Foto: Istimewa/TripCanvasIndonesia)

Ilustrasi Mesjid terapung (Foto: Istimewa/TripCanvasIndonesia)

RIAU1.COM -Meskipun dapat dihitung dengan jari, keberadaan Mesjid terapung di dunia cukup menjadi perhatian publik karena mampu menghadirkan suasana berbeda.

Dikutip dari republika.co.id, Senin, 10 Juni 2019 terdapat tiga Mesjid terapung yang sudah cukup dikenal di penjuru dunia.

Satu diantaranya adalah Masjid Siti Rahmah. Tempat ibadah ini mengambang di tepian Laut Merah, Jeddah. Konon namanya diambil dari nama orang yang mendanai pembangunan masjid tersebut, yakni seorang janda kaya raya bernama Siti Rahmah.

Ketika izin pembangunan masjid diajukan, pemerintah setempat menegaskan masjid tidak boleh dibangun di atas tanah. Maka lahirlah ide untuk membangun masjid yang fondasinya dipancangkan di bibir pantai.


Berikutnya Masjid Selat Malaka. Bangunan ini berada di kawasan Bandar Hilir, Malaka, Malaysia. Mulai dibangun pada tahun 2003 mengambang di atas permukaan air seluas 1,8 hektare berukuran 20 x 20 meter yang didominasi oleh warna krem. Memiliki daya tampung hingga 3.000 jamaah.

Loading...

Untuk jamaah pria ditempatkan di lantai satu dan lantai pada lantai dua untuk jamaah perempuan.

Terakhir Masjid Amirul Mukminin. Bangunan terapung yang satu ini berada di Indonesia tepatnya di sebelah selatan anjungan, tak jauh dari Jalan Matro Tanjung Bunga, Pantai Losari, Makassar.

Berdiri tegak dengan dua menaranya dilengkapi dengan tiga lantai ditopang dengan 164 tiang pancang. Selain sangat nyaman sebagai tempat ibadah, masjid ini mampu menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, terutama saat matahari terbenam.