China Berhasil Melakukan Operasi Jarak Jauh

China Berhasil Melakukan Operasi Jarak Jauh

4 April 2019
Ilustrasi: Internet

Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Seorang dokter bedah asal China berhasil melakukan operasi otak pada pasien penderita Parkinson's dari jarak jauh menggunakan teknologi kolaborasi antara Huawei dan China Mobile. 

Operasi ini sendiri dilakukan dari jarak jauh yakni 3.000 Km dimana bermodalkan jaringan 5G saja. Operasi jarak jauh ini sendiri dilakukan oleh Ling Zhipei, dokter kepala dari First Medical Center di PLAGH Hainan. Operasi ini memasang alat deep brain stimulation (DBS) pada pasien untuk membantunya mengontrol penyakit Parkinson's. 

Operasi jarak jauh ini dilakukan selama tiga jam dan sukses dikerjakan. Bahkan pasien pun mengaku merasa Iebih baik dari yang sebelumnya. Tentu saja hal ini membuat dr Ling merasa bangga sekaligus tidak percaya. Pasalnya, ia tak menduga bahwa akan membuat sejarah baru ini. 

"Jaringan 5G telah menyelesaikan masalah seperti video yang macet-macet dan pengalaman keterlambatan kendali jarak jauh saat menggunakan jaringan 4G, memastikan operasi yang nyaris realtime. Dan kamu bahkan tak berasa kalau si pasien berada 3.000 kilometer jauhnya," tandas sang dokter, dilansir Instagram @indozonehealth, 23 Maret 2019.