Jumat, 24 Mei 2019

INTERNASIONAL

Bus Listrik Tanpa Pengemudi Segera Diluncurkan di Singapura

news24xx


Bus listrik Volvo tanpa pengemudi di Singapura. Foto: AFP. Bus listrik Volvo tanpa pengemudi di Singapura. Foto: AFP.

RIAU1.COM -Volvo dan Universitas Singapura berencana meluncurkan bus listrik tanpa pengemudi, Selasa (5/3/2019). Bus listrik ini segera diuji coba di negara tersebut.

"Sebuah langkah terbaru. Kendaraan tanpa pengemudi untuk transportasi umum segerfla diluncurkan," kata Presiden Volvo Buses Hakan Agnevall dilansir AFP, Rabu (6/3/2019).

Singapura yang berteknologi tinggi telah menjadi tempat percobaan untuk teknologi tanpa pengemudi. Taksi tanpa pengemudi pertama di dunia yang mulai beroperasi dalam uji publik terbatas di negara itu pada 2016.



BACA JUGA : Semua Penumpang Selamat, Pilot Myanmar Berhasil Mendaratkan Pesawat Tanpa Roda Depan

Produsen otomotif Swedia Volvo Buses dan mitra lokal Nanyang Technological University (NTU) meluncurkan bus listrik otonom berukuran standar. Kendaraan itu akan segera diuji coba di kampus universitas yang luas.

"Data dari uji coba akan digunakan untuk memperbarui teknologi sebelum bus tanpa pengemudi itu diuji di jalan umum," kata Volvo dan NTU dalam sebuah pernyataan.



BACA JUGA : Otoritas Sri Lanka Tangkap Seorang Cendekiawan Arab Saudi Terkait Bom Bunuh Diri

Presiden Volvo Buses Hakan Agnevall mengatakan, kendaraan itu merupakan langkah penting menuju visi kota yang lebih bersih, lebih aman, dan lebih cerdas. Kendaraan ini memiliki panjang 12 meter yang bisa mengangkut kapasitas hampir 80 penumpang.

"Bus listrik menggunakan energi 80 persen, lebih sedikit daripada bus diesel dengan ukuran yang sama. Bus ini dilengkapi dengan sensor dan kontrol navigasi yang dikelola oleh sistem kecerdasan buatan," jelas Agnevall.