Sabtu, 20 April 2019

INTERNASIONAL

Terungkap, Gedung Putih Minta Opsi Menyerang Iran

news24xx


Ilustrasi pesawat tempur.  Ilustrasi pesawat tempur.

RIAU1.COM - Kini mulai terungkap. Tim keamanan nasional Gedung Putih pada musim gugur lalu meminta Pentagon menyediakannya pilihan-pilihan untuk menyerang Iran setelah sekelompok militan yang bersekutu dengan Teheran menembak mortir ke kawasan di Baghdad yang merupakan kompleks kedutaan AS, the Wall Street Journal (WSJ) melaporkan Ahad.

Seperti dilansir Antara, Senin, 14 Januari 2019, Permintaan dari Dewan Keamanan Nasional yang dipimpin John Bolton memicu keprihatinan mendalam di antara para pejabat Pentagon dan Departemen Luar Negeri, menurut harian itu, yang mengutip para pejabat yang masih aktif dan tak lagi berdinas. (https://on.wsj.com/2Clg09b)


BACA JUGA : Berani Ungkap Pembantaian Muslim Rohingya, Wartawan Reuters Raih Penghargaan Pulitzer

 
Pentagon memenuhi permintaan itu, tapi belum diketahui apakah opsi-opsi bagi satu serangan terhadap Iran juga diberikan kepada Gedung Putih atau apakah Presiden Donald Trump mengetahui mengenai hal itu.


BACA JUGA : Menakjubkan, Pesawat Terbesar di Dunia Terbang untuk Pertama Kalinya

 
Keputusan untuk mengupayakan opsi-opsi menyerang Iran didorong insiden pada September.

Tiga mortir ditembakkan ke kompleks diplomatik di Baghdad, kata harian itu. Peluru-peluruh mendarat di tanah kosong dan tak seorang dilaporkan luka-luka.

R1/Hee