Senin, 17 Juni 2019

INTERNASIONAL

Pemerintah Irak Turunkan Bendera KRG di Kirkuk Utara

news24xx


Artileri Irak memasuki Kirkuk Utara.  Artileri Irak memasuki Kirkuk Utara.

RIAU1.COM - Pemerintah Irak melalui Polisi Irak telah menurunkan bendera Pemerintah Regional Kurdi (KRG) di Kota Kirkuk Utara,

Hal itu dikatakan seorang pejabat kepada Kantor Berita Anadolu pada Rabu (9/1).

Seperti dikutip Riau1.com dari Antaranews.com, Kamis , 10 Januari 2019, Mervan Al-Ani, seorang pejabat dari kantor gubernur provinsi Kirkuk, mengatakan kantor tersebut telah menginstruksikan polisi untuk menurunkan bendera itu, yang belum lama ini dikibarkan di gedung Uni Patriotik Kurdistan (KYB) dan di sepanjang beberapa jalan.


BACA JUGA : Polisi China Tangkap Pengguna Follower Palsu di Media Sosial

 
Gubernur Kirkuk pada Rabu juga meminta Pemerintah Sentral di Baghdad untuk mengirim bantuan militer ke provinsi tersebut, setelah anggota partai politik Kurdi mengibarkan bendera KRG dalam satu pertemuan terbuka, demikian laporan Kantor Berita Anadolu, Kamis.


BACA JUGA : Ratusan Ribu Demonstran Tuntut Pemimpin Hongkong Mundur dan Tolak RUU Ekstradisi

 
Pada Selasa malam, pasukan keamanan Irak di Kirkuk membubarkan satu pertemuan terbuka yang dilakukan oleh pendukung Uni Patriotik Kurdistan (PUK) setelah uni suku Kurdi itu mulai mengibarkan bendera KRG.

KRG, yang berpusat di Erbil, telah menguasai Provinsi Kirkuk --yang kaya akan minyak-- dari pertengahan 2014 sampai akhir 2017.

R1/Hee