Babinsa dan Bhabinkamtibmas Rengat Rutin Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Rengat Rutin Gelar Patroli dan Sosialisasi Karhutla

5 April 2020
Tim Patroli Terpadu selain aktif melaksanakan patroli rutin juga mendirikan posko terpadu Karhutla di Desa Sungai Raya, Kecamatan Rengat

Tim Patroli Terpadu selain aktif melaksanakan patroli rutin juga mendirikan posko terpadu Karhutla di Desa Sungai Raya, Kecamatan Rengat

RIAU1.COM - Babinsa Koramil 01/Rengat, Kodim 0302/Inhu, Desa Sungai Raya Serda Riza Efendi bersama Bhabinkamtibmas Desa Sungai Raya, Bripka Rizal aktif melaksanakan patroli dan sosialisasi tentang bahaya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) secara terpadu di Desa Sungai Raya Kecamatan Rengat, Ahad 5 April 2020.

Patroli terpadu itu juga melibatkan personel dari Manggala Agni Inhu dan Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Sungai Raya. Dalam patroli rutin itu, tim patroli terpadu tersebut kerap menyusuri wilayah-wilayah binaannya yang rawan dengan kejadian Karhutla.

Serta memantau kawasan hutan dan juga perkebunan milik warga. “Kita secara rutin mengajak masyarakat untuk mencegah Karhutla. Selain itu kita juga mensosialisasikan bahaya dan pelanggaran pidana jika mencoba membuka lahan dengan cara membakar. Kita juga berupaya mencegah terjadi Karhutla serta sosialisasi pencegahan wabah virus corona di desa binaan,” terang Serda Riza Efendi.

Dalam patroli Karhutla itu, tim terpadu juga tidak henti-hentinya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla dan mengajak mereka bersama-sama menjaga wilayah agar kebakaran bisa dihindari.

“Kita terus ingatkan kepada masyarakat agar tidak membakar sembarangan pada saat di kebun, terutama melarang membuka lahan dengan cara membakar. Setiap hari kita lakukan patroli didesa binaan. Berharap apa yang kami imbau tidak terjadi," ujarnya.

“Dengan dilaksanakan kegiatan patroli ini, intinya kita mengajak masyarakat bersama sama dan menanamkan rasa saling memiliki dan menjaga serta mencegah Karhutla. Alhamdulillah, masyarakat sangat berpartisipasi dan mendukung serta antusias dalam kegiatan patroli ini,” jelas Riza.

Dikatakan Riza, dengan dilaksanakan patroli dan sosialisasi, segenap masyarakat di desa binaan sangat berterimakasih kepada anggota TNI/Polri beserta stakeholders lainnya.