Begini Desa Semilang Darat Lestarikan Tradisi Turun Mandi

Begini Desa Semilang Darat Lestarikan Tradisi Turun Mandi

5 Desember 2019
Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

RIAU1.COM - Semelinang Darat merupakan desa yang berada di Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau. Desa Semelinang Darat masih melestraikan acara adat turun mandi bagi bayi yang baru lahir. 

Upacara turun mandi adalah upacara yang masih mendarah daging sampai saat ini oleh masyarakat Desa Semelinang Darat. Upacara turun mandi adalah upacara untuk mengucapkan syukur atas nikmat yang tak ternilai dari Allah. 

Upacara ini juga merupakan sunnah rasul dan memperkenalkan kepada masyarakat bahwa telah lahir keturunan baru dari sebuah suku atau keluarga tertentu. Dalam pelaksaanan upacara ini, harus memperhatiakan syarat-syarat yang telah kental di masyarakat Semelimang Darat.

Aspita dan Siti Hawa, selaku masyarakat asli Desa Semelinang Darat menjelaskan bahwa acara turun mandi dilaksanakan bagi bayi yang baru lahir dimana pada pagi hari sebelum acara berlangung, bayi tersebut dimandikan di baskom ataupun tempat besar.

Hal ini dikarenakan pada Desa Semelinang tidak terdapat sungai yang bisa dipakai untuk memandikan anak tersebut sehingga cara terlain yang dilakukan oleh warga desa yaitu memandikan di baskom ataupun tempat yang lebar dimana anak bayi tersbeut dimandikan dengan wewangian. 

Setelah dimandikan bayi tersebut dihias sedemikian rupa untuk memperjelas jenis kelamin anak tersebut, pada acara ini anak tersebut di gendong oleh semua ibu-ibu yang ada dengan maksud memberi petuah kepada anak tersebut agar menjadi anak yang berbakti. 

Acara syukuran diiringi dengan dendangan rebana serta lagu islami dengan pengharapan agar anak ini kelak jika besar dapat berbakti kepada orang tuanya dan dapat membantu orang lain. 

Tidak ketinggaan mahasiswa KUKERTA UNRI yang sedang melaksanakan pengabdian di Desa Semelinang Darat turut serta dalam acara tradisi adat turun mandi ini. Hal tersebut didokumentasikan untuk disebarluaskan agar adat tersebut dapat dilestarikan dan tidak hilang begitu saja. (rls)