Abaikan Larangan Pak Tua, Kadus Kritis Diterkam Buaya di Sungai Ekok Inhu

Abaikan Larangan Pak Tua, Kadus Kritis Diterkam Buaya di Sungai Ekok Inhu

26 Agustus 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM -Seekor buaya sungai menyerang warga yang hendak beraktivitas menangkap ikan di Sungai Ekok Lubuk Sungai Resam, Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Inhu, Riau. Akibatnya, korban bernama Kadus pun terluka parah dan kritis.

Akibat luka parah yang dialaminya, pria berusia 20 tahun itu pun dirujuk ke rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru - Riau. Serangan buaya tersebut, dialami Kadus saat dirinya bersama beberapa orang teman hendak menyelam menangkap ikan.

Paur Humas Polres Inhu Ipda Misran, Senin 26 Agustus 2019 siang menjelaskan, saat kejadian itu korban dan lima orang temannya pergi ke Sungai Ekok dengan maksud menyelam untuk menangkap ikan.

Ketika itu, Kadus dan rekan-rekannya sudah diingatkan orang tua setempat dan melarang mereka untuk menyelam di sana, lantaran banyak buaya. Namun ketika itu korban tidak begitu menggubrisnya.

"Mereka berangkat ke sana. Setibanya di sana, teman korban juga kembali mengingatkan agar jangan menyelam di sungai tersebut karena sejak awal sudah dilarang sebab banyak buaya," kata Ipda Misran.

Peringatan tersebut juga tidak dihiraukan Kadus. Singkat cerita, ia pun menyelam dengan maksud menangkap ikan.

Berselang beberapa saat kemudian, Kadus pun muncul ke permukaan sungai. Ketia muncul itulah, teman-teman korban menyaksikan Kadus sedang bergumul dengan seekor buaya yang menerkamnya.

Melihat kejadian itu, teman-teman korban pun bergegas memberikan pertolongan, dengan berusaha melepas gigitan hewan predator tersebut. Sementara yang lainnya mencari bantuan kepada warga sekitar.

"Korban berhasil dievakuasi dari sungai dan dibawa ketepian dengan kondiso terluka, langsung dibawa ke RSUD Pematang Reba menggunakan ambulance desa," singkatnya.

Akan tetapi, luka parah yang dialami Kadus membuatnya harus dirujuk ke rumah sakit di Kota Pekanbaru untuk menjalani operasi.

Warga setempat pun juga sudah diberikan imbauan agar tidak beraktivitas di seputaran Sungai Ekok (Lubuk Resam), dengan maksud agar tidak ada korban lainnya akibat diserang buaya.