5 Hektar Lahan Terbakar di Belengkong, TNI Hingga Aparat Desa Lakukan Pemadaman

5 Hektar Lahan Terbakar di Belengkong, TNI Hingga Aparat Desa Lakukan Pemadaman

3 Maret 2021
tim gabungan melakukan pemadaman api

tim gabungan melakukan pemadaman api

RIAU1.COM -Sekitar 5 Hektar lahan di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Inhil terpantau terbakar pada Rabu 3 Maret 2021. 

Hal tersebut diketahui berdasarkan laporan dari Babinsa dan Personil Koramil 06/Kateman Kabupaten Inhil yang bertugas di wilayah tersebut.

Akibat lahan kering dan tanah yang bertekstur gambut, maka seluruh Babinsa Koramil 06/Katemen bersama Polisi dan BPBD hingga aparat desa terus berupaya memadamkan titik api agar tidak meluas dan menyebar ketempat lain.

"Perkiraan lahan terbakar 5 hektar, kini titik api belum padam dan masih mengeluarkan asap. Kita sedang melakukan pemadaman," ungkap Babinsa Koramil 06/Kateman. 


Ditambahkannya, personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, Aparat Desa dan masyarakat hingga kini masih berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi. 

"Empat unit mesin air, selang 14 gulung, parang, cangkul dan ember digunakan dalam upaya pemadaman," tambahnya. 

Loading...

Lebih lanjut, tanah gambut dengan ketebalan dan  kedalaman 3 meter dan dalam keadaan kering menjadi faktor penghambat dalam upaya pemadaman karena diketahui api sekam masih membara dibawah tanah sehingga berpotensi menimbulkan titik api yang berulang. 


"Belum lagi angin kencang dan berubah arah, cuaca yang terik, sumber air yang jauh dan lokasi yang jauh dari Koramil membuat tim sedikit kesulitan melakukan upaya pemadaman. Namun hingga kini, api sudah mulai bisa diatasi," lanjutnya. 

Diketahui, hingga kini pemilik lahan dan penyebab kebakaran masih dalam proses penyelidikan pihak berwajib.