Pedagang Segera Direlokasi, Pemkab Inhil Siapkan Rp1 miliar Lebih Bangun TPS Bekas Pasar Terapung

Pedagang Segera Direlokasi, Pemkab Inhil Siapkan Rp1 miliar Lebih Bangun TPS Bekas Pasar Terapung

12 Oktober 2019
Kepala Bidang Pasar Disperindag, Ahmad Fitri

Kepala Bidang Pasar Disperindag, Ahmad Fitri

RIAU1.COM - Pedagang eks Pasar Terapung atau Pasar Selodang Kelapa di Jalan Yos Sudarso, Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil) yang terkena musibah kebakaran beberapa waktu lalu akan segera direlokasi.

Hal tersebut karena lokasi di Jalan Yos Sudarso tempat pedagang berjualan saat ini akan dibangun Tempat Penampungan Sementara (TPS) yang lebih representatif.

"Pemkab Inhil telah menyediakan dana segar sekitar Rp1.185.000.000 yang bersumber dari APBD Inhil untuk memulai pembangunan TPS tersebut," kata Kepala Bidang Pasar Disperindag, Ahmad Fitri, Jumat 11 Oktober 2019.

Dijelaskan Ahmad Fitri, pengerjaan TPS itu akan dilaksanakan sekitar akhir bulan Oktober ini dan diperkirakan akan selesai pada akhir Desember 2019 nanti. "Sifatnya untuk sementara, dan yang akan menempati tempat tersebut adalah pedagang ikan basah dan daging ayam," jelasnya.

Loading...

Ahmad Fitri menuturkan, TPS tersebut dibangun berdasarkan APBD tahun 2019 dan hal ini merupakan program pengembangan serta penataan sarana dan prasarana perdagangan.

Sementara itu, untuk lokasi tetap di Pasar Terapung hingga saat ini masih dilakukan kajian serta menunggu arahan dari pemda serta menunggu pencairan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Riau. "Menurut Undang-undangkan letak pasar itu 30 sampai 50 meter dari bibir sungai," pungkasnya.