Pemkab Inhil akan Bangun 441 Los TPS untuk Pedagang Pasar Terapung

Pemkab Inhil akan Bangun 441 Los TPS untuk Pedagang Pasar Terapung

24 Agustus 2019
Gubenur Riau, Syamsuar saat melihat puing-puing sisa kebakaran di Pasar Terapung Inhil

Gubenur Riau, Syamsuar saat melihat puing-puing sisa kebakaran di Pasar Terapung Inhil

RIAU1.COM - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengunjungi dan melihat langsung para korban kebakaran Pasar Terapung Jalan Yos Sudarso Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Sabtu 24 Agustus 2019.

Pada kesempatan itu, Gubernur Riau menyempatkan diri untuk berdiskusi serta menyapa para pedagang, dan berjanji akan memberikan solusi terkait lokasi Tempat Penampungan Sementara (TPS) untuk berjualan.

"Kita semua tidak hendak musibah terjadi, ini karena ketentuan Allah. Kami sedang mempersiapkan solusi, agar kedepan bisa membangun pasar yang lebih sempurna," ucap Gubri.

Gubri berpesan agar para pedagang korban musibah kebakaran mau menahan diri tidak memanfaatkan lokasi yang terbakar untuk berjualan. "Bersabar dulu, berusaha lebih hati-hati. Apalagi ini musim panas. Hati-hati kompor, listrik saat meninggalkan rumah," pesan Gubri.

Sementara itu, Bupati Inhil, HM Wardan yang ikut mendampingi Gubri memaparkan, dari informasi yang diterimanya ada sebanyak
300 los sembako, 328 los TPS, 68 los pujasera dan 20 ruko serta 3 unit kios pasar rakyat yang habis terbakar.

"Kita sudah membuat rencana lokasi penempatan sementara, namun untuk membangun, sesuai ketentuan peraturan memang tidak bisa. Untuk penataan kota yang baik dan indah, batas bangunan ke sungai itu 50 meter," papar Bupati.

Bupati menjelaskan, Pemkab Inhil segera mengalokasikan pembangunan TPS dengan bangunan yang baik dan layak, sementara untuk pembangunan Pasar Terapung akan dicarikan tempat yang lebih representatif.

"Sesuai kondisi kita akan buatkan sebanyak 441 los TPS di sisi jalan di lokasi kebakaran. Itu berarti masih kurang 225 los lagi, akan kita carikan solusinya," jelas Bupati.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, jika anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan TPS yang baik dan layak akan membutuhkan dana sekitar Rp5 miliar.

"Bersabar dulu, Kapolres juga sudah meminta bantuan ke Labor Forensik Medan, apa penyebab kebakaran. Pemerintah tidak akan tinggal diam, pasti akan ada solusinya," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Riau bersama Bupati dan Wabup Inhil, didampingi Forkopimda menyalurkan bantuan berupa 696 karung beras untuk korban musibah kebakaran.

Gubernur Riau dan Bupati Inhil juga menyempatkan diri untuk mengecek pembangunan Jalan Sungai Beringin menuju Kuala Saka Sungai Luar.