Jabat Kapolda Riau, Irjen Agung Fokus Tuntaskan Karhutla dan Perkuat Teknologi Cyber

Jabat Kapolda Riau, Irjen Agung Fokus Tuntaskan Karhutla dan Perkuat Teknologi Cyber

3 Oktober 2019
Kapolda Riau Irjen Agung (Foto Riau1)

Kapolda Riau Irjen Agung (Foto Riau1)

RIAU1.COM -Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi, Kamis 3 Oktober 2019 menjalani tradisi Pedang Pora dan tepuk tepung tawar sebagai simbol absahnya jenderal bintang dua tersebut menjabat sebagai orang nomor satu di kepolisian daerah Riau.

Agung juga melepas Irjen Widodo Eko Prihastopo selaku Kapolda Riau sebelum dirinya, dalam tradisi kepolisian yang digelar di Mako Brimobda Polda Riau, di Kota Pekanbaru. Acara penyambutan dan pelepasan itu, dihadiri Gubernur Riau Syamsuar serta para Forkopimda.

Irjen Agung menuturkan, untuk langkah awal sebagai Kapolda Riau, dirinya fokus pada beberapa hal. Itu antara lain penanganan hukum Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), sinergitas dengan Forkopimda dan masyarakat, hingga cyber.

Bukan tanpa alasan, lantaran Karhutla di Riau menjadi perhatian serius pemerintah daerah hingga pusat. Irjen Agung pun berharap seluruh stakeholder tetap pada pedomannya sejak awal, saling berkoordinasi dan bersinergi untuk mengantisipasi Karhutla.

Disamping itu, ia juga akan memaksimalkan tugas pokok kepolisian, dalam hal menjaga keamanan, ketertiban masyarakat. "Program yang sudah ada sebelumnya kita maksimalkan, dan lakukan terobosan yang terbaik bagi masyarakat," yakin Agung.

Kemudian, mantan Direktur Tipdeksus Bareskrim Mabes Polri ini juga akan memaksimalkan kemajuan Polda Riau yang ia pimpin dari segi teknologi cyber, di mana salah satu fokusnya adalah pemberantasan hoaks. Apalagi jenderal bintang dua ini berpengalaman dan lama bertugas dalam bidang cyber.

"Saat ini masyarakat hidup tidak hanya dalam alam nyata, tetapi dunia cyber, bahkan lebih luas cakupannya dan dunia tersebut berhubungan langsung dengan alam nyata. Bagaimana membawa dampak lebih baik buat masyarakat itu sendiri," lanjutnya.

"Pembangunan 4.0 adalah bagian, bagaimana cyber juga jadi bagian di dalamnya, kita ingin membuat masyarakat lebih baik ke depannya. Bagaimana teknis nanti, saya akan lihat dan tentunya akan memberikan yang terbaik," pungkas dia.