Polda Riau Periksa Komisaris Utama dan Puluhan Karyawan PT SSS Terkait Karhutla, Penetapan Tersangka Segera

Polda Riau Periksa Komisaris Utama dan Puluhan Karyawan PT SSS Terkait Karhutla, Penetapan Tersangka Segera

13 September 2019
Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Andri didampingi Kabid Humas Kombes Sunarto dalam jumpa persnya, Jumat sore.

Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Andri didampingi Kabid Humas Kombes Sunarto dalam jumpa persnya, Jumat sore.

RIAU1.COM -Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Riau Kombes Andri Sudarmadi, Jumat 13 September 2019 sore memberi sinyal, pihaknya bakal menetapkan tersangka dalam kasus PT SSS yang kini ditangani jajarannya.

PT SSS yang berkawasan di Kabupaten Pelalawan, Riau ini dalam proses penyidikan Polda Riau, pasca terbakarnya sekitar 150 hektar lahan yang terjadi medio Februari lalu. Diyakini Kombes Andri, proses penyidikan tengah digesa dan segera dilakukan gelar perkara.

Sejauh ini, lanjut Direktur Reskrimsus yang didampingi Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto, pemeriksaan telah dilakukan dengan memintai keterangan berbagai pihak, mulai dari masyarakat sekitar hingga perusahaan PT SSS.

Tercatat sudah sekitar 42 orang saksi yang dimintai keterangan dan diperiksa Polda Riau, dengan rincian 12 orang dari pihak masyarakat, 23 lainnya dari PT SSS serta saksi ahli. Bahkan dari pihak perusahaan, diperiksa pula komisaris utamanya.

"Termasuk komisaris utama, dan sampai level karyawan di bawahnya. Termasuk saksi dari masyarakat juga kita lakukan pemeriksaan. Ini bentuk komitmen Polda Riau, kita tidak tinggal diam dalam penanganan Karhutla (Kebakaran hutan dan lahan, red)," pertegas Andri.

"Bulan ini kita akan gelar perkara untuk penetapan tersangka perorangan dalam kasus PT SSS," singkat Andri dalam jumpa persnya di kantor Direktorat Reskrimsus Polda Riau.

Selain kasus Karhutla yang menjerat Korporasi, Satgas Penegakkan Hukum oleh Polda Riau dan jajaran Polres juga telah melakukan proses penyidikan terhadap 45 kasus, dengan total 47 tersangka hingga saat sekarang.

"Setiap hari terus kita proses, disamping upaya pemadaman, penyelidikan dan penyidikan kita lakukan. Bahkan setiap hari ada perkembangannya sebagai bukti adanya upaya penanganan Karhutla," sambung Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengakhiri.