Akhirnya, TNI AD Pertahankan Taruna Akmil Keturunan Prancis Enzo Zenz Allie

Akhirnya, TNI AD Pertahankan Taruna Akmil Keturunan Prancis Enzo Zenz Allie

14 Agustus 2019
KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan jajaran, saat jumpa pers, Rabu.

KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan jajaran, saat jumpa pers, Rabu.

RIAU1.COM - Akhirnya status Taruna Akmil Enzo Zenz Allie mendapatkan titik terang. 

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan TNI AD memutuskan untuk mempertahankan Taruna Akademi Militer (Akmil) keturunan Indonesia-Prancis, Enzo Zenz Allie.

 

"Kami AD (Angkatan Darat) memutuskan untuk mempertahankan Enzo Zenz Allie dan semua taruna Akademi Militer yang kami terima," kata KSAD saat jumpa pers di Mabesad, Jakarta Pusat, Rabu, 14 Agustus 2019, seperti dilansir Antara. 

Jenderal Andika menyebutkan pihaknya sudah melakukan pengukuran terkait indeks moderasi bernegara Enzo Zenz Allie.

Hasilnya, Enzo memiliki indeks moderasi bernegara yang cukup baik.


"Selama ini sudah dikembangkan akurasi, validasi. Kami lakukan pengukuran pada Sabtu dan Minggu kemarin, hasilnya dianalisis pada Senin. Kesimpulannya, Enzo dilihat dari indeks moderasi bernegara itu ternyata nilainya 84 persen," ujar Jenderal bintang empat ini.

Ia menambahkan, pihaknya akan membuka diri terhadap apapun masukan dari masyarakat terkait penerimaan taruna Akmil sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Enzo sempat menarik perhatian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan videonya viral di media sosial setelah diajak berbicara Bahasa Prancis oleh Panglima.

Enzo diketahui memang fasih berbicara empat bahasa yaitu Bahasa Prancis, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia.

Loading...

 

Dia lahir di Prancis, tapi pindah ke Indonesia pada usia 13 tahun setelah ayahnya meninggal dunia dan memiliki status WNI.

Namun, dia diduga terpapar gerakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), yang diketahui dari salinan gambar di media sosial Facebooknya.

R1/Hee