Senin, 19 November 2018

GAYA-HIDUP

Waspada! Ini Beberapa Penyakit Yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan Tiba

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Memasuki awal November, Indonesia pun mulai memasuki musim hujan. Di sebagian daerah musim hujan tentu bisa mengakibatkan banjir. Pekanbaru salah satunya, di beberapa lokasi di Kota Pekanbaru saat hujan mengguyur lebih dari 2-3 hari, maka akan terjadi banjir dan tentunya juga akan membawa beberapa benih-benih penyakit tertentu. Apa saja sih penyakit yang harus di waspadai saat musim hujan dan banjir mulai menyerang? Berikut penjelasannya.

1. Diare

Diare merupakan salah satu penyakit saat banjir yang paling sering mengancam kesehatan. Pasalnya, meminum atau mengonsumsi makanan apapun yang telah terkontaminasi air banjir dapat dengan mudah membuat tubuh terserang diare. Oleh karena itu, cegah diare dengan selalu mencuci tangan sehabis melakukan kontak dengan air banjir.

2. Infeksi kutu air, kudis, dan kurap

Tiga infeksi bakteri utama yang dapat menimbulkan penyakit saat banjir adalah kudis, kurap, dan kutu air. Bakteri penyebab ketiga penyakit ini berkembangbiak dengan cepat di air banjir, dan dapat menginfeksi saat kaki terlalu lama terendam di dalamnya. Untuk mengatasinya, siapkan selalu salep dan obat pengobat kutu air, kudis, dan kurap yang banyak dijual di apotek terdekat. Jangan lupa untuk juga selalu mencuci kaki dengan air bersih setelah terendam di dalam air banjir terlalu lama.

3. Malaria

Malaria merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi Plasmodium, suatu parasit yang penyebarannya dibawa oleh nyamuk Anopheles betina. Penyakit ini banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, dan merupakan salah satu penyakit saat banjir yang harus diwaspadai. Pasalnya, nyamuk Anopheles dapat berkembangbiak lebih cepat di air tergenang yang akan banyak ditemui pasca-banjir. Untuk mencegahnya menginfeksi, gunakan obat nyamuk dan segera bersihkan sisa-sisa air yang tergenang di rumah.

4. Demam berdarah

Sama dengan malaria, nyamuk pembawa virus demam berdarah (Aedes aegypti) akan berkembang biak lebih cepat dan merajalela di genangan air terbuka pasca-banjir. Penyakit ini dapat berbahaya, terutama bagi anak-anak, sehingga pencegahannya harus dilakukan sejak awal.

Nah, itu dia beberapa jenis penyakit saat banjir yang harus diwaspadai. Jangan lengah ya. Semoga bermanfaat!