Tips Aman Bagi Pengendara Motor Saat Musim Hujan

Tips Aman Bagi Pengendara Motor Saat Musim Hujan

15 November 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Indonesia kini memasuki musim hujan, hampir seluruh wilayah di Indonesia saat ini rutin diguyur hujan. Salah satunya Provinsi Riau. Namun, hujan tidak menjadi kendala kita untuk beraktifitas.

Meski dilanda hujan, banyak pengendara motor tetap memaksakan diri berkendara demi sampai tujuan. Nah, bagi pengendara sepeda motor yang beraktifitas diluar, ada baiknya perhatikan lima hal berikut agar tetap nyaman dan aman berkendara di tengah hujan.

1. Gunakan jas hujan

Untuk melindungi tubuh dan pakaian dari basah alibat terkena air hujan. Sehingga tubuh dan pakaian yang kita gunakan bisa tetap kering hingga sampai di tempat tujuan.

Namun, hindari penggunaan jas hujan ponco, karena model ponco yang memanjang hingga kaki yang memungkinkan bahan jas tersangkut di rantai atau jari-jari motor. Sebaiknya gunakan jas hujan setelan celana dan baju agar tetap nyaman dan aman di tengah hujanan.

2. Pakai sepatu

Sepatu menjadi alternatif yang lebih baik untuk mengalasi telapak kaki di musim hujan. Salah satunya sepaty bot. Selain dapat melindungi telapak kaki secara menyeluruh dari air hujan, dan benda tajam lain, sepatu juga lebih baik mencengkeram jalan yang basah oleh air hujan.

Loading...



3. Periksa kondisi ban

Pastikan kondisi telapak ban dalam kondisi baik. Ban motor yang sudah 'botak' menyebabkan daya cengkeram ban berkurang. Kondisi ban seperti ini potensi menimbulkan kecelakaan.

4. Jaga kecepatan

Saat musim hujan, menjaga kecepatan adalah peringatan yang baik. Sebab air hujan menyebabkan jalan menjadi licin. Selain itu, sistem rem juga tidak maksimal saat musim hujan dan potensi motor sulit dikendalikan.

5. Jangan rem mendadak

Sama seperti diatas, kondisi jalan licin membuat aksi yang secara mendadak jadi lebih berbahaya seperti rem mendadak. Untuk menghindari rem mendadak, baiknya kita menjaga kecepatan di batas aman saat berkendara di tengah hujan.

Sumber:cnnindonesia.com