Menonton Film Horor Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Menonton Film Horor Bisa Turunkan Berat Badan, Benarkah?

17 November 2018
Ilustrasi-internet

Ilustrasi-internet

RIAU1.COM - Menonton film merupakan salah satu hal menarik untuk mengisi waktu luang. Ada banyak jenis film yang ditawarkan seperti film romantis, komedi, petualangan, action, dan horor, dan lainnya.

Banyak orang memilih menonton film horor sebagai santapan adrenalin, namun tidak sedikit pula yang takut dan enggan menonton film horor.  Tapi ternyata ada penelitian yang menunjukkan, menonton film horor mampu menurunkan berat badan walau sedikit.



Seperti dilansir dari Hellosehat.com, menurut penelitian ini, orang yang menonton film yang memacu adrenalin seperti film horor, sekitar 90 menit, dapat mengurangi sebanyak 113 kalori, mirip dengan berjalan selama 1 jam, dan sama dengan kalori yang dihasilkan sepotong coklat.

Para peneliti di University of Wesminster melakukan sebuah studi yang melibatkan 10 orang berbeda untuk menonton film horor pilihan. Para peneliti merekam detak jantung, oksigen yang dihirup, dan karbondioksida yang dikeluarkan, dan menemukan jumlah kalori yang dibakar meningkat dalam ketiga poin tadi saat film berlangsung.



Penelitian ini juga mengungkap bahwa film yang didesain sedemikian untuk membuat para penonton melonjak kaget dari tempat duduknya karena teror yang ditampilkan dalam film adalah pembakar kalori terbaik, karena menyebabkan detak jantung mereka berdetak kencang.

Dr. Richard Mackenzie, dosen senior dan spesialis dalam metabolisme sel dan fisiologi di University of  Westminster, mengatakan bahwa setiap 10 film yang dites membuat degup jantung berdetak cepat. Seiring degup semakin cepat dan darah terpompa di sekitar tubuh jadi lebih cepat, tubuh akan mengalami tekanan adrenalin.

“Tubuh akan melepas adrenalin yang beraksi cepat, diproduksi saat kejutan pendek karena stress yang intens (dalam kasus ini, karena rasa takut). Efeknya adalah menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolik basal, dan akhirnya membakar kalori dalam tingkat tertinggi,” tutur Richard.

Seorang editor film perusahaan rental film LOVEFiLM, Helen Cowley, yang juga terlibat dalam studi yang dilakukan beberapa peneliti di University of Westminster mengatakan, banyak orang cenderung menutup mata, bersembunyi di balik bantal, atau memeluk guling sambil mengalihkan mata supaya tak melihat adegan menyeramkan, tapi penelitian ini menyarankan bahwa mungkin dengan memaksakan diri melihat adegan-adegan seram di film tersebut, malah bisa membakar beberapa kalori.Jadi sebaiknya tetap buka mata saat menonton.

Sumber:Hellosehat.com