Mengapa DBD Bisa sebabkan Kematian ?

Mengapa DBD Bisa sebabkan Kematian ?

16 November 2018
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - DBD (Demam berdarah dengue) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti. DBD dapat menyebabkan kebocoran plasma yang mengakibatkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah tiba-tiba (syok), hingga bahkan kematian.

Jika dibiarkan tanpa penanganan medis, DBD dikhawatirkan akan semakin berkembang parah dan menimbulkan berbagai komplikasi. Salah satu komplikasi yang paling mungkin terjadi adalah kerusakan pembuluh darah dan kelenjar getah bening, yang dapat menyebabkan perdarahan.



Perdarahan akibat DBD biasanya ditandai dengan mimisan, gusi berdarah, dan/atau memar berwana keunguan yang terjadi tiba-tiba. Lambat laun perdarahan dalam ini dapat menyebabkan syok akibat tekanan darah yang menurun drastis dalam waktu singkat.

Terlebih, pasien DBD juga mengalami kebocoran plasma yang menyebabkan tubuh tetap kehilangan cairan meskipun sudah banyak minum atau mendapatkan cairan infus.



Inilah yang paling sering mengakibatkan terjadinya syok. Jika DBD sampai pada tahap syok, kondisi ini disebut sebagai dengue shock syndrome (DSS) dan dapat menyebabkan kegagalan sistem organ yang berujung pada kematian.

Sumber: Hellosehat.com 

Loading...