Sabtu, 17 November 2018

GAYA-HIDUP

Inilah Caranya Agar Anak Kamu Tidak Terkena Diabetes Tipe 2

news24xx


Ilustrasi Ilustrasi

RIAU1.COM - Diketahui bahwa anak-anak di usia pubertas atau lebih tua rentan terkena diabetes tipe 2. Tapi, dengan mengikuti tips berikut ini, dijamin anak kamu pasti aman. 

Hal ini disebutkan oleh Aman Pulungan selaku Ketua Umum Pengurus Pusat lkatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). la menjelaskan cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan metode 5-2-1-0. Apa itu? 

"5 artinya 5 kali sehari makan buah dan sayur. 2 itu maksimal duduk hanya boleh 2 jam saja," kata Aman dilansir dari Liputan6, 3 November 2018.

Nah sedangkan 1 itu artinya 1 jam olahraga. Memang sebenarnya disarankan itu adalah minimal 30 menit, tapi karena pada dasarnya anak-anak itu suka bergerak, maka biarkan saja hingga lebih dari 30 menit dan jangan terlalu lama dari 1 jam. 

Dan yang dimaksud dengan 0 (nol) adalah tidak menambahkan gula pada minumannya. Boleh saja minum teh manis, tapi hal ini lebih ditekankan pada minuman berenergy contohnya seperti soft drink. 

"No sugar dan minuman energy drinkjuga ya," lanjutnya. 

Hal itu patut dihindari karena kdar gula darah yang meningkat dapat menyebabkan gangguan hormon insulin yang dihasilkan kelenjar pankreas. Parahnya, bila hormon insulin tersebut tidak sesuai kebutuhannya, maka bisa berujung pada gangguan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.