Minggu, 16 Desember 2018

GAYA-HIDUP

Benarkah Arang Aktif Bisa Memutihkan Gigi? Simak Penjelasannya

news24xx


Activated Charcoal Activated Charcoal

RIAU1.COM - Belakangan ini, memutigkan gigi sedang menjadi tren didunia perawatan dan kecantikan. Salah satunya memutihkan gigi dengan arang. Namun, arang aktif yang dimaksud di sini bukan arang yang dipakai untuk membuat bara api saat masak.

Dilansir dari hellosehat.com arang ini dipakai untuk keperluan medis. Arang aktif atau yang lebih popular dengan sebutan Activated Charcoal ini dibuat dengan memanaskan arang menggunakan gas sehingga terbentuk pori-pori besar yang mengandung mineral. Pori-pori ini akan menangkap dan menjebak berbagai senyawa kimia dan mengikat kotoran-kotoran pada permukaan gigi.



BACA JUGA : Bagi Wanita, Tidak Semua Bentuk Alis yang Sedang Tren Bisa Ditiru



Karena itu, membersihkan zat-zat kekuningan pada gigi akan jadi lebih mudah. Sekalinya arang aktif ini melekat pada gigi, arang aktif ini akan langsung bekerja. Arang aktif juga mengandung mineral yang bisa membantu membersihkan plak dan sisa makanan pada gigi.

Tapi, para dokter gigi dan ahli kesehatan di seluruh dunia tidak menganjurkan untuk memutihkan gigi atau merawat gigi dan mulut dengan charcoal. Karena di samping keampuhannya dalam memutihkan gigi, charcoal atau arang aktif bisa merusak lapisan enamel gigi dan menyebabkan erosi pada gigi.



BACA JUGA : Begini Cara Mengenali Gejala Kanker Mulut



Ketika enamel pada gigi hilang, maka gigi akan menjadi lebih sensitif. Untuk menghindari risiko tersebut, dianjurkan pasien yang ingin memutihkan gigi untuk ke dokter gigi saja.

Sumber: Hellosehat.com