Begini Cara Mengenali Gejala Kanker Mulut

Begini Cara Mengenali Gejala Kanker Mulut

14 Desember 2018
Ilustrasi. Foto: Pixabay.com.

Ilustrasi. Foto: Pixabay.com.

RIAU1.COM -Gejala kanker mulut ditandai dengan beberapa tanda penyakit. Gejala penyakit ini hanya bisa diperiksa sendiri.

Drg Rahmi Amtha dalam bincang-bincang "Cegah Kanker Mulut" di Jakarta, Kamis (13/12/2018), mengatakan, kanker mulut bisa dicegah. Munculnya kanker mulut ditandai dengan berbagai gejala penyakit di dalam mulut.

"Ada beberapa gejala kanker mulut yang perlu kita waspadai. Gejalanya antara lain, perubahan warna mukosa, sariawan yang tidak sembuh, rasa sakit yang menetap di tempat yang sama, benjolan yang tidak lazim, pembengkakan kelenjar getah bening, gejala disfungsi, pendarahan tidak normal, serta berat badan turun tanpa sebab," paparnya.

Gejala lain kanker mulut yakni sulit menguyah, sulit menelan, kekakuan lidah, trimsus, lesi (keadaan tidak normal) yang tidak sakit pada awalnya, lesi yang berindurasi dan gigi goyang tanpa sebab.

Gejala kanker dapat diperiksa sendiri. Caranya, periksal bibir bagian atas dan bawah, gusi atas dan bawah, pipi bagian kanan dan kiri, lidah bagian atas dan bawah, rongga mulut atas dan bawah serta lidah sisi kanan dan kiri. Selain itu, kelincahan, kekakuan, dan pergerakan lidah diperiksa.

Sumber: Antara