Senin, 19 November 2018

GAYA-HIDUP

Air Lemon Bisa Membakar Kalori Lebih Efektif, Benarkah?

news24xx


Air lemon Air lemon

RIAU1.COM - Konsumsi air jeruk lemon saat ini sedang menjadi tren dan banyak dilakukan, dengan harapan dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh sehingga membakar kalori lebih efektif. Benarkah nyatanya demikian?

Dikutip dari detikhealth, 1 November 2018, Nutrisionis Jean Carper dalam bukunya, 'The Food Pharmacy', menuturkan, jika dikatakan konsumsi air jeruk lemon dapat membuat metabolisme tubuh meroket, maka jawabannya adalah mitos. 

Menurutnya, sampai saat ini belum ditemukan secara ilmiah kaitan antara jeruk lemon dengan metabolisme tubuh secara Iangsung. 

Dalam bukunya tersebut, Carper juga menuturkan bahwa reputasi lemon mulai populer sejak abad ketiga Masehi. Kala itu, orang Romawi percaya bahwa lemon adalah penangkal semua racun, bahkan termasuk racun bisa ular. 

Sampai saat ini, manfaat plus-plus dari lemon pun semakin banyak dipercaya, termasuk untuk mempercepat metabolisme tubuh. 

Namun demikian, bukan berarti air jeruk lemon juga tidak memiliki manfaat sama sekali. 

Menurut Carper, minum air lemon juga baik bagi kesehatan selama dilakukan dalam porsi tidak berlebihan dan dalam waktu yang tepat. 

Manfaat pertama dari konsumsi air lemon adalah menjaga hidrasi tubuh tetap terjaga. Selain itu, air lemon juga dapat membantu meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh, kadarnya bergantung pada seberapa banyak lemon yang ditambahkan ke dalam air minum. Selain vitamin C, lemon juga mengandung kalsium, zat besi, dan potasium. 

"Air lemon juga bisa menjadi pengganti jus kemasan atau kopi yang lebih baik. Sebab tidak ada gula dalam air lemon, jadi minuman ini bisa menjadi pengganti dari jus kemasan jika Anda suka mengonsumsinya," papar Carper.