Anda Alami Masalah Kesehatan Lambung? Puasa Salah Satu Solusinya

Anda Alami Masalah Kesehatan Lambung? Puasa Salah Satu Solusinya

16 April 2021
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Berpuasa dapat meningkatkan kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan pada lambung. Pada seseorang yang memiliki masalah, seperti asam lambung, cobalah untuk menggunakan puasa sebagai salah satu cara untuk memulihkannya. Puasa Ramadan adalah momen yang tepat untuk meringankan gangguan yang terjadi pada salah satu organ di perut tersebut. Berikut dilansir dari halodoc.com manfaat puasa terhadap lambung:

1. Menurunkan Sekresi Asam Lambung

Berpuasa saat bulan Ramadan dapat menurunkan sekresi asam lambung pada tubuh. Jika asam pada lambung menurun, risiko cairan tersebut menyebabkan luka pada dinding lambung juga akan menurun. Hal tersebut akan memberi dampak baik terhadap seseorang yang mengidap asam lambung dan membuatnya lebih sehat.

2. Mengurangi Gerakan pada Usus dan Lambung

Saat seseorang berpuasa, usus dan lambung akan mengurangi keaktifannya, karena tidak ada makanan yang dapat diolah selama berpuasa. Semakin sedikit pergerakan yang terjadi pada usus dan lambung, maka gesekan yang menyebabkan luka juga semakin sedikit. Dengan begitu, lapisan lambung pun akan menjadi lebih sehat.

Loading...

3. Meredakan Stres

Berpuasa juga dapat menurunkan stres. Hal tersebut terjadi karena perut yang kosong, sehingga hanya memikirkan rasa lapar dan haus. Stres adalah salah satu hal yang memicu munculnya asam lambung pada tubuh seseorang.  Dengan berpuasa, asam lambung pun akan menjadi lebih terkontrol.

Selain itu, kamu juga harus mengatur menu yang kamu konsumsi ketika berbuka. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan ketika berbuka puasa adalah tidak makan secara berlebihan, menghindari kafein, dan cobalah untuk lebih memilih meminum air hangat ketika berbuka.**