Bayi Minum ASI Tapi BAB Berbusa, Ini Penjelasannya 

Bayi Minum ASI Tapi BAB Berbusa, Ini Penjelasannya 

7 April 2020
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - ASI terdiri dari 2 bagian, yaitu foremilk dan hindmilk. Foremilk lebih encer, kalorinya lebih rendah, serta tinggi laktosa. Sedangkan hindmilk lebih kental serta mengandung lebih banyak kalori dan lemak. Jika bayi terlalu banyak minum foremilk, ini bisa menyebabkan fesesnya tampak berbusa. 

Jadi, kalau feses Si Kecil terlihat berbusa tanpa disertai gejala lain, dan ia tidak terlihat lemas atau rewel, kemungkinan besar hal tersebut adalah normal. 

Lalu, supaya tekstur tinja bayi bisa kembali normal, Bunda perlu menyeimbangkan pasokan foremilk dan hindmilk untuk Si Kecil. 

Caranya, seperti dilansir akun Instagram alodokter_id, 26 Oktober 2019, biarkan Si Kecil menyusu pada salah satu payudara setidaknya 5-10 menit sebelum beralih ke payudara yang lain. Lalu, Bunda juga bisa memulai proses menyusui pada sisi payudara yang terakhir diisap Si Kecil. 

Namun, jika BAB berbusanya gak hilang dalam dua hari, disertai dengan adanya lendir atau darah pada fesesnya, demam, rewel atau tampak kesakitan, sebaiknya segera periksakan Si Kecil ke dokter anak