Minuman Panas Tidak Bisa Bunuh Virus Corona! Ini Penjelasan Ahli

Minuman Panas Tidak Bisa Bunuh Virus Corona! Ini Penjelasan Ahli

5 April 2020
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Ditengah mewabahnya virus corona covid 19, banyak sekali mitos tentang cara pencegahan yang beredar di masyarakat, salah satunya minum air panas.  Orang mengira konsumsi minuman panas bisa membantu membunuh virus corona Covid-19 dalam tubuh.

Karena itu, banyak orang minum teh, kopi dan minuman panas apapun dengan harapan bisa membunuh virus corona Covid-19. Tetapi, apakah minuman panas bisa membunuh virus?



Seorang ahli telah mempertegas bahwa konsumsi minuman panas tidak membantu membunuh virus corona Covid-19. Sampai sekarang pun belum ada obat yang dipatenkan bisa menangani virus corona ini.

"Tidak ada bukti bahwa minuman panas akan melindungi kita dari infeksi virus," kata Ron Eccles, seorang ahli penyakit pernapasan di Universitas Cardiff di Inggris dan mantan direktur Common Cold Centre dikutip himedik.



Eccles telah melakukan penelitian di masa lalu tentang dampak minuman panas ketika flu. Ia menemukan bahwa minuman panas bisa meredakan gejala pilek.

Pada intinya, minuman panas tidak bisa menyingkirkan virus apapun dalam tubuh. Dalam kasus virus corona Covid-19, air minum jenis apapun tidak ada yang menawarkan perlindungan terhadap virus. Karena, virus tidak bisa mati hanya dengan berkumur atau minum cairan tertentu.