Musim Hujan Jadi Sering Pipis? Ini Penyebabnya

Musim Hujan Jadi Sering Pipis? Ini Penyebabnya

15 Desember 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Saat udara dingin entah karena hujan atau pendingin udara yang berlebihan, seseorang akan jadi lebih sering kekamar mandi atau lebih sering pipis. Tapi kenapa ya? Berikut penjelasannya.

Nah, saat cuaca atau lingkungan sekitar terasa dingin, tubuh manusia cenderung untuk tidak mengeluarkan banyak keringat. Padahal tubuh membutuhkan jalan keluar cairan lain agar jumlah cairan dalam tubuh tetap normal, salah satu caranya adalah dengan lebih sering mengeluarkan cairan melalui urin.



Mengutip detikhealth, hal lain yang diduga bisa menjadi penyebab orang lebih sering pipis adalah terlalu lama terkena udara dingin yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke permukaan kulit sehingga terjadi penyempitan pembuluh darah.

Ini menghambat keluarnya cairan tubuh sehingga secara tidak langsung tubuh merespons dengan mengeluarkan cairan melalui urine atau sering pipis.



Orang yang sering pipis dalam udara dingin merupakan hal yang wajar sama seperti banyaknya keringat yang keluar saat udara panas. Hal yang penting orang harus tetap mengonsumsi air yang cukup untuk mengganti banyaknya cairan yang keluar melalui urin agar tidak terjadi dehidrasi.