Stop Kebiasaan Mengunyah Es Batu, Atau Ini Akibatnya

Stop Kebiasaan Mengunyah Es Batu, Atau Ini Akibatnya

5 Desember 2019
Es batu

Es batu

RIAU1.COM - Mengunyah es batu memiliki kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Bagi mereka, hal itu dilakukan untuk mengusir rasa bosan atau memiliki sensasi tersendiri saat mengunyahnya.

Tapi, keseringan mengkonsumsi es batu ternyata bisa berakibat fatal pada kesehatan lho. Berikut ini adalah efek buruk dari keseringan mengunyah es batu.

1. Gigi rusak

Sering mengunyah es batu bisa membuat gigi rusak. Enamel gigi akan terpengaruh dari rasa dingin dan bisa menyebabkan masalah pada gigi, seperti rapuh, nyeri, sampai sakit gusi.




2. Mual

Orang yang dehidrasi dan mual mungkin merasa ingin mengunyah es batu setiap waktu. Apabila kamu menderita gejala tersebut, lebih baik berkonsultasi dengan dokter. Sebab, kebiasaan mengunyah es batu susah disembuhkan.

3. Hilang selera makan

Orang yang sering makan es batu dalam jumlah besar cenderung kehilangan selera makan. Hal tersebut akan membuat kesehatanmu memburuk.

4. Tubuh lemah

Mereka yang ingin mengendalikan nafsu makan dengan cara mengunyah es batu. Karena kehilangan nafsu makan, maka berat badan menjadi turun dan bisa jadi tubuh akan lemas.