Selain Bikin Lemot, Ini Dampak Mengerikan Dari Kurang Tidur

Selain Bikin Lemot, Ini Dampak Mengerikan Dari Kurang Tidur

17 November 2019
Ilustrasi lemot

Ilustrasi lemot

RIAU1.COM - Kurang tidur membuat kita sulot berkonsentrasi dan membuat respon terhadap sesuatu menjadi lemot. Tak hanya itu, kurang tidur juga membuat otak mengalami penurunan yang signifikan sehingga dapat mempengaruhi dan menimbulkan masalah kesehatan mental.

Berikut adalah beberapa masalah kejiwaan yang mungkin terjadi akibat kurang tidur seperti dikutip dari laman jitu.

1. Otak jadi Lemot

Kurang tidur dapat menyebabkan tingkat kewaspadaan dan konsentrasi menurun. Tidak mengherankan otak menjadi sering bingung, sulit berpikir jernih dan mudah lupa. Kurang tidur membuat otak kekurangan oksigen yang menyebabkan kelelahan pada otak. Alhasil, otakmu mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan penting. Kondisi seperti ini dalam dunia medis sering disebut dengan istilah brain fog. Kondisi brain fog juga menjadi salah satu ciri penyakit demensia.





2. Mudah Lupa

Kurang tidur juga berdampak buruk terhadap ingatan. Seperti yang disebutkan diatas, tingkat konsentrasi yang menurun membuat otak kesulitan dalam menyimpan memori baru sehingga kamu jadi mudah lupa dan sulit menerima informasi baru.

3. Memicu Penyakit Mental

Kurang tidur dapat meningkatkan potensi kemunculan beberapa penyakit mental, seperti depresi, kecemasan yang berlebih, dan gangguan bipolar. Para ahli menemukan bahwa insomnia dan gangguan tidur lainnya dapat mengingkatkan stres yang lama-kelamaan akan mengarah pada depresi. Orang-orang yang mengalami gangguan tidur cenderung mudah mengalami ledakan emosi atau perilaku yang tak terkendali.

Loading...