Penting! Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Setelah Makan

Penting! Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Setelah Makan

17 November 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Menjaga kesehatan tubuh dengan mengatur pola makan memang terdengar gampang-gampang susah. Sebab pasti ada saja kebiasaan-kebiasaan yang sulit diubah. Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan kebanyakan masyarakat usai makan ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan tubuh.

Tapi kebiasaan apa saja yang tidak baik dilakukan setelah makan?

1. Merokok

Merokok tentu tidak baik untuk kesehatan. Apalagi merokok setelah makan, bahayanya bisa naik 10 kali lipat.

2. Makan buah

Buah-buahan hanya membutuhkan waktu 20 menit untuk dicerna. Akan tetapi, jika buah dimakan setelah makan, makanan bisa menghalangi buah yang kita konsumsi sehingga buah menjadi susah dicerna. Lebih baik buah-buahan dikonsumsi sebelum makan.



3. Minum teh atau kopi

JIka ingin minum teh setelah makan, lebih baik beri jeda sekitar 1 jam ya. Begitu juga dengan kopi, lebih baik beri jeda dulu beberapa menit sebelum makan untuk meminumnya.



4. Mandi

Pencernaan membutuhkan banyak energi dan aliran darah di tubuh. Apabila kita langsung mandi usai makan, maka aliran darah yang mengalir ke kulit akan melepaskan panas dan membuat sistem pencernaan menjadi makin berat. Lebih baik beri jeda 30 menit setelah makan bila ingin mandi.

5. Jalan kaki

Lebih baik menunggu 30 menit jika ingin jalan kaki. Jangan langsung jalan kaki atau malah lari usai makan. Hal ini bisa menyebabkan refluks asam dan gangguan pencernaan.

6. Tidur

Jika kita berbaring setelah makan bisa menyebabkan makanan yang tadinya dicerna malah akan berbalik arah. Hal ini disebabkan pencernaan terganggu dan sensasi terbakar di saluran pencernaan.