Waspada, 3 Penyakit Kulit Ini Siap Mengintaimu Saat Musim Hujan

Waspada, 3 Penyakit Kulit Ini Siap Mengintaimu Saat Musim Hujan

15 November 2019
Hujan-hunanan ilustrasi

Hujan-hunanan ilustrasi

RIAU1.COM - Mengantisipasi datangnya musim hujan pada November dan Desember mendatang, ada baiknya kita mulai menjaga kondisi tubuh agar tetap fit. Imun kita harus siap mengahadapi pergantian musim ini agar tak mudah terserang penyakit.

Salah satu yang harus diwaspadai adalah meningkatnya bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

Berikut, 3 penyakit kulit ini paling sering menyerang masyarakat seperti dikutip dari laman CNN (15/11/2019).



1. Biang keringat

Biang keringat merupakan penyakit yang diakibatkan oleh jamur yang berkembang di kulit. Biasanya penyakit ini menimbulkan ruam merah di kulit dan biasa dijumpai pada anak kecil karena memiliki kulit yang lebih sensitif.

Untuk mencegahnya cobalah mengenakan pakaian berbahan katun dan linen berukuran longgar. Penggunaan krim calamine juga dapat dilakukan untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit.

2. Infeksi kuku

Infeksi kuku ditandai dengan kuku yang berubah warna, rapuh, dan kusam.
Usahakan untuk tidak membiarkan kuku dalam kondisi panjang selama musim hujan. Kuku panjang hanya akan menarik kotoran hingga menyebabkan infeksi jamur.



3. Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang menyebabkan ruam merah, kulit kering, dan mudah terkelupas. Psoriasis umumnya lebih sering muncul di daerah lutut, siku, punggung bagian bawah, dan kulit kepala.

Kandungan glukomanan pada lidah buaya dipercaya dapat mengatasi psoriasis. Jangan lupa pula untuk menggunakan sabun anti-bakteri saat mencuci wajah.