Pendapat Ahli, Tubuh Butuh Waktu 2 Minggu untuk Pulih dari Pesta Minuman Beralkohol

Pendapat Ahli, Tubuh Butuh Waktu 2 Minggu untuk Pulih dari Pesta Minuman Beralkohol

14 November 2019
Ilustrasi minuman mengandung alkohol. Foto: Pixabay.com.

Ilustrasi minuman mengandung alkohol. Foto: Pixabay.com.

RIAU1.COM -Jika Anda suka pergi ke bar di akhir pekan atau menghabiskan Sabtu malam sambil menyesap anggur bersama teman-teman, maka Anda mungkin akan melihat perbedaan ketika Anda berhenti minum alkohol selama seminggu. Bahkan bagi mereka yang tidak mabuk atau merasakan efek samping yang bertahan lama, masih ada periode pemulihan yang harus dilalui tubuh.

"Suka atau tidak, alkohol adalah racun. Begitu Anda minum minuman beralkohol, minuman itu diubah menjadi zat beracun, seperti asetaldehida, dan didistribusikan ke seluruh tubuh Anda melalui aliran darah Anda, yang akan diproses liver untuk dimetabolisme," kata Dokter Kelly Bay, ahli gizi, dokter kiropraktik, dan pelatih kesehatan dikutip dari Tempo.co, Kamis (14/11/2019).

Seluruh proses dapat menyebabkan stres oksidatif, yang pada gilirannya menyebabkan peradangan. Alkohol juga dapat membuang keseimbangan elektrolit yang menyebabkan dehidrasi.

"Alkohol juga dapat mengurangi keragaman mikroba usus yang dikeluhkan orang setelah minum. Dengan apa yang sekarang kita ketahui tentang koneksi otak usus, menginduksi peradangan usus tentu dapat mempengaruhi status mental Anda,” ujar Bay.

Tingkat dampak alkohol tergantung pada dosis. Pengalaman semua orang akan sedikit berbeda ketika mereka minum dan berhenti minum alkohol.

"Tetapi yang menarik untuk dipertimbangkan adalah apa yang terjadi di dalam saat Anda berangkat kerja pada Senin pagi, setelah minum alkohol selama akhir pekan. Sekitar satu jam setelah minuman terakhir liver secara aktif bekerja untuk membersihkan alkohol dari aliran darah Anda," kata Hillary Cecere, RDN, ahli gizi diet terdaftar.

Sekitar enam hingga 12 jam setelah minuman terakhir, sakit kepala dan suasana hati yang tertekan dapat terjadi. Perut akan terasa lapar dan mungkin perasaan sedikit sedih.

Sekitar 18 jam setelah minuman terakhir, kadar glukosa darah akan mulai stabil kembali. Sekitar tiga hari kemudian, muncul peningkatan dalam suasana hati. Kurang tidur juga merupakan efek samping lain yang dapat terjadi setelah Anda minum.

“Tentu saja, jika Anda minum lebih banyak pada akhir pekan, mungkin tubuh Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari peradangan yang disebabkan oleh alkohol. Mungkin lebih sulit bagi mikrobioma ususmu untuk bangkit kembali," jelas Bay.

Berhenti minum alkohol dapat membantu mengurangi peradangan, menormalkan keseimbangan elektrolit, dan memberi tubuh Anda kesempatan untuk beregenerasi dari kerusakan akibat alkohol. Tetapi sekali lagi, itu semua akan tergantung bagaimana tubuh Anda memproses alkohol.

"Tubuh yang berbeda akan memproses alkohol dengan cara yang berbda tergantung pada genetika mereka, aktivitas metabolisme dan kondisi liver yang mendasarinya. Setiap berhenti minum alkohol memungkinkan tubuh untuk sembuh. Semakin lama waktu istirahat dari minum, semakin baik peluang penyembuhan," ujar Dokter Tarek Hassanein, spesialis penyakit dalam, gastroenterologi, dan transplantasi hepatologi.

Penting untuk diingat bahwa tidak ada jumlah alkohol yang dianggap "aman," dan tidak ada jenis atau jumlah yang dapat "direkomendasikan," dengan baik. Seperti kata Bay, "Studi terbaru telah menolak gagasan sebelumnya bahwa minum dalam jumlah sedang dapat bermanfaat. Salah satu manfaat utama dari minum anggur merah adalah dikaitkan dengan resveratrol, polifenol bermanfaat yang melindungi tubuh Anda dengan cara yang mirip dengan antioksidan. Senyawa ini juga ditemukan dalam makanan lain seperti cranberry, anggur, blueberry, dan blackberry. Jadi Anda sebenarnya bisa mendapatkan resveratrol dengan makan buah, daripada minum alkohol. "

Dikatakan, jika Anda ingin minuman campuran, atau segelas anggur, atau bir, lakukanlah. "Dua hingga tiga minuman per minggu untuk individu yang sehat harusnya cukup aman,” kata Bay.

Seperti kata Hassanein, minumlah dengan makanan, nikmati, dan minumlah air agar Anda tidak berlebihan. Ini akan memakan waktu lebih dari dua minggu bagi liver untuk pulih dari pesta minuman keras, katanya, yang dapat dihindari dengan membuat jeda. Tetapi bahkan tetap saja, menunda selama lima hari sebelum minum alkohol lagi mungkin masih belum cukup waktu bagi tubuh untuk pulih sepenuhnya, bahkan meski sudah memoderasinya.