Terlalu Banyak Makan Cemilan Bikin Radang Tenggorokan?

Terlalu Banyak Makan Cemilan Bikin Radang Tenggorokan?

13 Oktober 2019
Ilustrasi

Ilustrasi

RIAU1.COM - Radang tenggorokan bisa disebabkan oleh beberapa hal salah satunya  satunya minuman dingin dan manis. Tapi rupanya, tak cuma minuman dingin yang dituduh sebagai pemicu penyakit tersebut. Terlalu sering mengonsumsi camilan asin katanya juga bisa bikin radang tenggorokan. Bagaimana faktanya?

Gejala dari radang tenggorokan, antara lain sakit saat menelan, demam, terdapat benjolan di area leher, suara menjadi serak, dan bila sudah terlalu parah, darah bisa ada di dalam air liur. Lalu, bagaimana dengan camilan asin yang berlebihan? Benarkah dapat membuat tenggorokan bermasalah?



Menurut dr. Dyan Mega Inderawati yang dikutip dari KlikDokter, makan makanan asin ataupun makanan dengan rasa tajam lainnya memang bisa mengiritasi tenggorokan. Apalagi bila penderitanya memiliki sistem imunitas tubuh yang sedang tidak baik dan tenggorokan yang sensitif. Iritasi akibat makanan asin yang dikonsumsi dengan intensitas tinggi pasti sulit dihindari.

“Tapi ingat, asupan dengan rasa tajam dan menyengat hanya bisa menyebabkan iritasi, bukan infeksi. Iritasi biasanya tidak sampai menyebabkan demam. Sedangkan infeksi pasti menyebabkan demam,” jelas dr. Ega.



Dengan demikian, bila ingin terhindar dari masalah tenggorokan, sebaiknya konsumsi makanan dengan rasa tajam secukupnya saja. Selain  itu, jangan lupa banyak minum air putih setelahnya.

Di sisi lain, tak cuma makanan asin yang dapat mengakibatkan iritasi tenggorokan, tetapi juga gastroesophageal reflux disease (GERD). GERD membuat asam lambung naik hingga ke area tenggorokan, dan sifat asam dari asam lambung itulah yang mengiritasi tenggorokan. Selain itu, kurang asupan air putih pun dapat melukai tenggorokan, terutama bila sebelumnya mengonsumsi makanan pedas dan panas.