Jangan Gunakan Handuk Secara Bersamaan, Ini Akibatnya

Jangan Gunakan Handuk Secara Bersamaan, Ini Akibatnya

19 Juli 2019
Foto: Internet

Foto: Internet

RIAU1.COM - Beberapa orang punya kebiasaan tukar-tukaran handuk ketika di rumah. Misal, pakai handuk adik atau kakak saat 'kepepet' atau satu handuk dipakai untuk beberapa anggota keluarga. Padahal, ada bahaya yang mengintai jika kamu punya kebiasaan seperti ini. 

"Kusta ini disebabkan oleh kuman microbacterial lepre. ltu bakterinya yang bisa menular, kalau satu rumah itu tukar-tukaran handuk," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dr Arriadna, seperti dilansir Instagram @tanya_dokter, 25 Juni 2019.

Kebersihan personal menjadi penting, sebab penularan kusta bisa terjadi ketika seseorang punya kebiasaan jorok. 

"Personal hygiene ini sebenarnya bukan hanya kusta saja. Artinya semua penyakit kulit bisa tertular, tapi kan kalau penyakit kulit lain ngobatinnya gampang," tambahnya. 

Loading...

Penyakit kusta memang sudah ada obatnya, tetapi kadang masyarakat tidak sadar akan gejala awal. Sama seperti penyakit lain, kusta termasuk penyakit kulit yang masa penyembuhannya tergolong lama. "Penyakit kulit lain kan sembuhnya tetap lama, seperti kurap atau panu. hari ini diobati, sebelum sembuh kadang pasien sudah stop pengobatan yang membuat penyembuhan menjadi lama. Untuk kusta, penyembuhannya bisa berjalan 6-12 bulan," pungkasnya.