Minggu, 18 Agustus 2019

GAYA-HIDUP

Pasutri Jadi Mirip Setelah Menikah, Ini Penjelasan Ilmiahnya

news24xx


Ilustrasi: Internet Ilustrasi: Internet

RIAU1.COM - Pasangan yang terlihat mirip wajahnya atau perilakunya sering dijadikan standar bahwa mereka berjodoh. Bahkan kita juga sering melihat pasangan yang sudah menikah bertahun-tahun, wajahnya semakin terlihat mirip satu sama lain. 

Anda juga mungkin mengalami, semakin lama kita menghabiskan waktu bersama pasangan setelah menikah, maka akan lebih banyak orang yang mengatakan bahwa kita dan pasangan terlihat mirip. Bahkan terlihat seperti adik kakak. 

Ternyata, ada penjelasan ilmiah mengenai fenomena pasangan terlihat mirip ini. Simak uraiannya di bawah ini. 

1. Pasangan yang terlihat mirip sejak awal 

Bukan rahasia jika kita sering merasa tertarik pada orang yang mirip dengan kita, entah sifat-sifatnya dan ciri fisiknya. Dimana seseorang tertarik dengan orang yang memiliki karakteristik mirip dengan dirinya sendiri, entah dari segi fisik, ekonomi, pendidikan atau kemiripan dalam rencana hidup di masa depan. Sebuah penelitian, menunjukkan bahwa orang seringkali tertarik pada pasangan seumur hidup yang memiliki kemiripan DNA. 

2. Berbagi pengalaman yang mengubah raut wajah 

Banyaknya pengalaman baru yg dijalani bersama pasangan, baik maupun buruk, raut wajah pasangan menua dengan cara yang sama. Garis tawa dan kerutan cenderung muncul dengan cara yang sama. Sebuah studi menegaskan hal ini. Awalnya tim peneliti memasangkan foto Iaki-laki dan perempuan berdasarkan kemiripan wajah, tanpa mengetahui siapa yang ada dalam foto tersebut. Setelah diungkap identitas foto, ternyata mereka adalah suami istri yang telah menjalani pernikahan selam 25 tahun. 

3. Tingkat kebahagiaan menjadi proporsi dalam tingkat kemiripan antar pasangan

Hal ini terjadi saat kita tidak sengaja meniru setiap gerak gerik pasangan kita, bagaimana cara ia tertawa, nada bicaranya, bahkan cara ia berdiri dan berjalan. Alam bawah sadar kita membuat peniruan ini, karena hal tersebut membuat kita merasa lebih terikat dengan pasangan dan lebih puas dalam hubungan pernikahan.